redesain-navbar Portlet

null

Blog

Tahapan Daftar SNMPTN 2021/2022 - Ikuti Langkah-Langkah Ini

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan untuk pendaftaran SNMPTN 2021.

Tahapan Daftar SNMPTN, photo by Charlotte May on Pexels

Pendaftaran SNMPTN 2021 sudah dimulai sejak tanggal 15 Februari. Bagaimana denganmu, Sobat Pintar? Sudahkah mendaftar untuk SNMPTN-mu? But hold on there! Apakah Sobat sudah tahu seluk-beluk cara mendaftar SNMPTN 2021? Nah, kali ini kita bahas semua tentang pendaftaran SNMPTN kuy!

 

Tentang Pendaftaran SNMPTN 2021

Photo by Charlotte May on Pexels

Tahapan pendaftaran SNMPTN 2021 sebenarnya sudah dimulai sejak 28 Desember 2020. Wait, what? Eitts, nggak perlu kaget, Sobat. Pada tanggal tersebut LTMPT mengumumkan kuota pendaftaran SNMPTN sesuai dengan akreditasi sekolah dan jumlah siswa di sekolah yang bersangkutan.

Selanjutnya, ada beberapa tahapan lagi sebelum periode daftar SNMPTN 2021 yang terjadwal 15-24 Februari 2021. Apa saja rangkaian pendaftaran SNMPTN di antara pengumuman kuota dan jadwal pendaftaran SNMPTN itu? Here they are, Sobat Pintar:

- Registrasi akun LTMPT bagi sekolah

- Registrasi akun LTMPT bagi semua siswa kelas XII

- Sekolah menentukan calon peserta SNMPTN berdasarkan data LTMPT dari akreditasi dan jumlah siswa

- Pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

 

Cara Registrasi Akun LTMPT

Photo by Charlotte May on Pexels

By now, Sobat Pintar tentu sudah melakukan registasi akun LTMPT, bukan? Yes, sekedar kilas balik, salah satu tahapan daftar SNMPTN 2021 ini sudah dikerjakan pada 4 Januari hingga 1 Februari 2021 yang lalu.

By the way, registrasi akunnya di Portal LTMPT kan, Sobat? Nggak sampai salah alamat di tahap awal daftar SNMPTN ini, kan?

 

Cara Daftar SNMPTN 2021

Photo by Keira Burton on Pexels

Now, here we are – di masa pendaftaran SNMPTN 2021. Again, telah dibuka sejak 15 Februari yang lalu, periode daftar SNMPTN 2021 ini akan berlangsung hingga 24 Februari.

Lantas, bagaimanakah cara mendaftar SNMPTN 2021? Berikut ini langkah-langkah pendaftaran SNMPTN yang perlu kita cermati, Sobat.

1. Login kembali ke akun LTMPT-mu dengan menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan.

2. Isi 'Kelengkapan Data Orang Tua' di halaman Profil. Informasi 'Biodata' pada halaman ini sudah diperoleh dari data yang telah diisikan dan tak perlu diubah.

3. Daftar SNMPTN dengan mengisi pilihan prodi di halaman Pilihan.

4. Di halaman Portofolio, isi lengkap portofolio jika prodi pilihanmu mensyaratkan dokumen portofolio. Jika prodi pilihanmu tidak mensyaratkan dokumen portofolio, akan muncul header Portofolio saja tanpa pilihan isian.

5. Di halaman Prestasi, isikan prestasi-prestasimu sesuai dengan tingkat dan bidang pada kolomnya masing-masing. Halaman ini tidak wajib diisi, jadi tak apa bila Sobat tak mengisi daftar prestasi karena satu atau lain sebab.

6. Pastikan semua data sudah benar sebelum melakukan finalisasi di halaman Finalisasi. Setelah melakukan finalisasi, data yang dimasukkan tidak dapat diubah atau dibatalkan untuk alasan apapun.

7. Download dan cetak kartu registrasi.

 

Jadwal Pendaftaran

Photo by Free-Photos on Pixabay

As it's mentioned earlier, jadwal pendaftaran SNMPTN 2021 berlangsung sejak 15 Februari hingga 24 Februari. Do you think it's a long period or a short one, Sobat Pintar? Terlepas dari panjang atau pendeknya periode pendaftaran SNMPTN 2021, ada beberapa tips cara mendaftar SNMPTN ini yang bisa dicoba, Sobat.

1. Hindari daftar SNMPTN di jam-jam sibuk.

2. Hindari daftar SNMPTN di hari pertama dan hari terakhir.

3. Coba daftar SNMPTN di akhir pekan.

4. Hindari daftar SNMPTN berbarengan dengan jadwal upload persyaratan.

5. Jika situs lambat, jangan gunakan ponsel.

 

Pengumuman SNMPTN 2021 Terbaru

Photo by geralt on Pixabay

Then, what's next? Yup! Berikutnya, setelah daftar SNMPTN, kita akan menunggu pengumuman hasil pada 22 Maret 2021.

Pada pengumuman SNMPTN 2020, peserta SNMPTN menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir untuk memeriksa pengumuman. Jika kita akan menggunakan cara yang sama, tapi kelupaan nomor pendaftarannya, misalnya, gimana dong?

Ada cara melihat nomor pendaftaran SNMPTN yang mudah, Sobat. Coba hubungi guru BK-mu. Bapak/Ibu guru BK dapat membantumu memeriksa apakah Sobat lolos SNMPTN atau tidak dengan mengakses akun sekolah. Atau, Sobat Pintar bisa mencoba login ke akun LTMPT-mu dengan menggunakan NISN dan password.

 

Saatnya Mendaftar SNMPTN 2021!

Photo by Ono Kosuki on Pexels

Nah, jangan tunda-tunda lagi untuk daftar SNMPTN 2021 ya, Sobat! Tak semua calon mahasiswa baru bisa menggunakan jalur ini untuk masuk PTN. Betapa beruntungnya jika Sobat Pintar eligible untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN 2021!

Namun bagaimana jika proses pendaftaran SNMPTN tak selancar urutan langkah-langkah di atas? Well, things happen, don't they? Misalnya, bagaimana kalau tiba-tiba mendapatkan notifikasi bahwa kita tidak dapat mengikuti SNMPTN?

Jangan keburu panik, Sobat. Jika memperoleh notifikasi seperti itu saat daftar SNMPTN, boleh jadi memang ada persyaratan yang tidak terpenuhi. Tapi kita masih bisa mengikuti SBMPTN, bukan?

50

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

popular-post-web Portlet

metablog-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp