APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tahapan Masuk Akmil (Akademi Militer): Siapkan Ini, Calon Taruna!

Ketahui apa saja pilihan prodi, syarat, dan tahapan masuk Akademi Militer.

tahapan masuk akmil, Photo by Tim Mossholder on Unsplash

Bagaimana cara masuk Akmil dan menjadi taruna Akmil? Pertanyaan ini penting buat Sobat Pintar yang sudah mengincar pendaftaran Akmil 2022.

Akmil merupakan sekolah pendidikan calon Perwira TNI Angkatan Darat. Disamping setia pada Sapta Marga, para Perwira alumni Akmil juga memiliki kualifikasi akademis Sarjana Terapan Pertahanan. Jika Sobat Pintar sudah bersiap menjadi Taruna Akmil, yuk cari tahu semua tentang seleksi Akmil.

 

Program Studi Akademi Militer

tes masuk akpol
Photo by Javier Allegue Barros on Unsplash

Sebelum membahas tentang tahapan masuk Akmil, kita perlu tahu apa saja pilihan program studi di sekolah pendidikan calon Perwira TNI AD ini. Seperti telah disebutkan di atas, alumni Akmil adalah para Perwira yang juga memiliki kualifikasi akademis Sarjana Terapan Pertahanan. Nah, apa saja pilihan program studi Sarjana Terapan tersebut?

1. Teknik Sipil Pertahanan

2. Teknik Mesin Pertahanan

3. Teknik Elektro Pertahanan

4. Manajemen Pertahanan

5. Administrasi Pertahanan.

 

Persyaratan Mengikuti Seleksi Akmil

persyaratan masuk akpol
Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Untuk memperkirakan pendaftaran Akmil 2022, kita bisa melihat pada pendaftaran Akmil 2021. Pada tahun ini, pendaftaran dibuka tanggal 1 Januari dan berlangsung sampai bulan April. Sobat Pintar bisa menggunakan jadwal 2021 tersebut sebagai patokan untuk memantau masa pendaftaran Akmil 2022.

Syarat masuk Akmil dari tahun ke tahun cenderung tidak ada perbedaan yang besar. Dari masa pendaftaran sebelumnya, beberapa syarat masuk Akmil yang terbilang cukup penting yaitu:

- Berumur minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun per 1 Agustus pada tahun mendaftar

- Menyertakan pernyataan tertulis tak ada catatan kriminalitas dari Kepolisian RI saat pemeriksaan psikologi

- Tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan seimbang

- Menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) dalam 10 tahun.

Masih banyak syarat masuk Akmil lain yang harus Sobat periksa sebelum mengikuti pendaftaran Akmil 2022. Termasuk pula, apakah SMK bisa masuk Akmil pada tahun pendaftaran tersebut karena boleh jadi akan ada perubahan. Bila perlu, bandingkan persyaratan masuk Akmil dengan persyaratan masuk Akpol sebelum mendaftar. Sobat perlu tahu nih, Akmil dan Akpol pernah sama-sama menjadi bagian dari AKABRI pada tahun 1965.

 

Tahapan Tes Masuk Akademi Militer

taruna akmil
Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Jika memenuhi setiap syarat masuk Akmil, Sobat Pintar dapat terus lanjut mengikuti beberapa tahapan masuk Akmil. Sama halnya, Sobat juga dapat membandingkan antara tes masuk Akmil dengan tes masuk Akpol. Kecuali keputusanmu sudah bulat, mempertimbangkan pilihan dengan peluang lolos lebih besar tak ada salahnya.

Jika telah bulat tekadmu menjadi Taruna Akmil, ada lima tahapan masuk Akmil yang harus dilalui sebelum Sobat Pintar menjadi seorang Taruna Akmil. Tahapan seleksi Akmil tersebut ialah:

1. Administrasi

Pada tahapan masuk Akmil ini dilakukan pemeriksaan awal tentang kelengkapan dan kebenaran berkas serta pengukuran tinggi dan berat badan. Bukan tidak mungkin rekam jejakmu di media sosial juga akan diperiksa.

2. Kesehatan dan Kesamaptaan Jasmani

Dikenal juga sebagai tes fisik Akmil, tes kesehatan dan kesamaptaan jasmani meliputi lari selama 12 menit, pull up, renang 50 m, dan pemeriksaan postur tubuh. Untuk masuk Akmil wanita dan pria mengikuti pemeriksaan postur tubuh (antropometri) yang berbeda.

3. Mental Ideologi

Seleksi Akmil ini berada pada tingkat panitia daerah (panda). Lagi-lagi, Sobat Pintar harus mengikuti seleksi administrasi dan tes kesegaran jasmani. Ada dua macam tes kesegaran jasmani, yaitu lari 12 menit (garjas A) serta push up, sit up, pull up, lunges, shuttle run, dan renang gaya dada sebagai tes ketangkasan renang dasar militer (garjas B).

Setelah mengikuti tes fisik Akmil, tahapan tes berikutnya adalah penelitian personel (litpers). Tahapan masuk Akmil ini bertujuan untuk secara umum mengukur pengetahuanmu tentang ideologi dan wawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Psikologi

Tes psikologi terdiri dari tes tulis dan wawancara. Keduanya ditujukan sebagai penelusuran mental dan kepribadian calon Taruna Akmil. Sidang panitia daerah akan digelar setelah tes wawancara Akmil berlangsung.

5. Akademik

Tahapan masuk Akmil ini diselenggarakan oleh panitia pusat (panpus). Setelah melalui tahapan tes administrasi dan kesehatan, calon Taruna Akmil akan mengikuti tes penelitian personel lagi. Tes wawancara Akmil lanjutan ini merupakan pengembangan dari tes di tingkat panitia daerah, sedangkan tes psikologinya berupa psikologi lapangan.

Tes akademik di tingkat panitia pusat mengujikan Bahasa Indonesia, Pengetahuan Umum, Matematika, dan Bahasa Inggris. Sama-sama menggunakan Computer Assisted Test (CAT) seperti ujian sebelumnya, ujian Bahasa Inggris untuk calon Taruna Akmil setara dengan TOEFL.

 

Itulah seluruh tahapan masuk Akmil yang harus dilalui bila Sobat Pintar ingin menjadi Perwira Angkatan Darat. Sudah siap mengikuti setiap tahapannya, Sobat? Sudah tahu juga program studi apa yang akan dipilih? Semangat terus memperjuangkan mimpimu, ya!

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog