redesain-navbar Portlet

Blog

Alternatif Jurusan Comic Art, photo via www.wallpapermaiden.com

Tanpa Jurusan Comic Art, Bagaimana Menjadi Komikus?

Tanpa Jurusan Comic Art, belajar membuat komik masih bisa dilakukan dijurusan lain.

Sobat Pintar ada yang bercita-cita menjadi seperti Aoyama Gosho, Park Tae Joon, atau Tupaikidal? Menjadi komikus tak perlu menunggu lulus sekolah, atau bahkan kuliah. Sobat bisa mulai belajar dan mengembangkan kemampuan sedari sekarang juga. Mari kita coba lihat, apa yang bisa dilakukan disela waktu luangmu.

 

1. Belajar gambar doodle

Sobat Pintar bisa memulai karir komikus dengan berlatih menggambar karakter doodle. Goreskan saja pensilmu untuk menggambar acak, menciptakan karakter dengan berbagai emosi wajah. Koreatune.blogspot.com menyarankan Pic Candle Channel dan Doodle by Sarah Channel sebagai rujukan belajar doodle.

Setelah tanganmu semakin mahir, coba gunakan Adobe Illustrator atau Wacom. Yang terpenting, konsistensi dan persistensi dalam berlatih, Sobat!

 

2. Belajar tentang plot dan konflik

Selain kualitas gambar, kualitas alur cerita juga patut mendapat perhatian. Keduanya perlu mendapat perhatian yang seimbang ya, Sobat. Gambar yang bagus tanpa alur cerita yang baik tetap saja tak menarik – dan sebaliknya.

Bagaimana melatih kepekaanmu dengan alur cerita? Well, you need to read a lot! Perhatikan tokoh-tokohnya, perkembangan karakternya, konfliknya, hingga resolusinya. Kemudian, sesuaikan dengan genre yang menjadi sasaranmu. Misalnya Sobat Pintar ingin membuat webtoon humor empat blok, tentu berbeda dari manga berseri.

 

3. Berlatih dan terus membuat komik

Last but not least, keep practicing! Practice makes perfect, doesn't it? Mungkin Sobat akan menghabiskan berlembar-lembar kertas dan mematahkan banyak pensil, but it's okay!

Seiring waktu, kualitas gambar dan alur cerita buatanmu akan membaik. Kalau perlu, Sobat Pintar bisa subscribe YouTube channels untuk belajar menggambar. Selain itu, berlatihlah menelaah plot dan konflik suatu cerita alih-alih sekedar menikmatinya. Invest your time wisely, and you'll reap what you deserve when the time comes.

 

Unfortunately, we have to be realistic that comic has a long way to go in the country. Namun bila passion Sobat begitu kuat dibidang ini dan ingin menimba ilmu secara formal ditingkat perguruan tinggi, Jurusan Animasi atau DKV layak dipertimbangkan. Saat ini kita memang masih belum punya Jurusan Comic Art seperti di luar negeri, tapi bukan berarti Sobat boleh patah semangat, ya! Ingat, ada seribu jalan menuju Roma!

Lebih masukan Blog

Berbakat Menggambar? Pertimbangkan 5 Jurusan Kuliah Ini

Masing-masing kita dikaruniai bakat yang berbeda. Contoh sederhananya, ada yang lebih pandai...

Jangan Kuliah DKV Sebelum Tahu Ini

Desain Komunikasi Visual, lebih sering disingkat DKV, adalah jurusan kuliah yang merupakan...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line