PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via seniorslifestylemag.com

Tawaran Prospek yang Berbeda dari Jurusan Kewirausahaan

Cari Tahu Jurusanmu

Saat ini, mencari kerja seakan sudah jadi hobi hampir setiap orang. Lowongan kerja yang terbatas, sementara ada seabreg sarjana yang butuh pekerjaan. Kamu ingin berkompetisi berebut lowongan kerja populer, atau jadi penyedia lowongannya? Setidaknya, pemikiran ini bisa menjadi alasan untuk sejenak mempertimbangkan kuliah di Jurusan Kewirausahaan atau Entrepreneurship.

 

Tren Kekinian

Jangan salah, bukan hanya Jurusan Kewirausahaan yang sedang kekinian, tapi juga tren yang berkembang ditengah masyarakat, yaitu startup. Sudah ada lebih dari 100 startup di Indonesia. Tingginya semangat generasi millennial untuk menciptakan lapangan pekerjaan, alih-alih mencari pekerjaan, menghasilkan respon positif dari DIKTI. Tak hanya berupa dana modal usaha bagi mahasiswa, namun juga keberadaan Jurusan Kewirausahaan.

Pada jurusan ini, kamu akan belajar tentang pengelolaan perusahaan. Berbeda dari perkuliahan Manajemen yang bertujuan meningkatkan kinerja sistem bisnis yang sudah mapan, Kewirausahaan lebih mengarah pada pengembangan gagasan atau usaha yang belum ada. Saat atau setelah kuliah, kamu bisa langsung memiliki usaha sendiri, salah satunya dengan ada sokongan dana dari DIKTI. Jadi, tak hanya menguasai konsep teoretis perencanaan bisnis dan model bisnis, kamu juga akan ditantang untuk menemukan dan merespon peluang-peluang usaha dan kemudian memulai bisnis baru serta membuat strategi pengembangannya.

 

Lebih Jauh tentang Jurusan Kewirausahaan

Lantas, apa saja yang akan kamu pelajari di Jurusan Kewirausahaan atau Entrepreneurship ini? Kemampuan manajerialmu dalam pengelolaan sumber daya, model bisnis, serta membangun produk perusahaan akan terasah.  Selain itu, kamu juga akan mengidentifikasi peluang, mencari gagasan kreatif, merencanakan usaha, memulai bisnis, hingga mengembangkan bisnis yang inovatif dengan risiko yang terukur.

Guna mengenali siklus hidup bisnis tersebut, kamu akan belajar tentang ilmu dasar kewirausahaan yang mencakup teori inovasi, model bisnis, perencanaan bisnis, investasi dan pendanaan, perintisan bisnis, penanganan risiko, negoisasi dan legalitas bisnis, serta pengembangan bisnis. Pada intinya, Jurusan Kewirausahaan melatih kepekaan dan kemandirianmu untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur handal.

Selain Entrepreneurship, Jurusan Kewirausahaan juga terkenal sebagai Jurusan Bisnis. Universitas-universitas berikut ini terdapat Jurusan Kewirausahaan:

  • Universitas Brawijaya
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Kristen Satya Wacana
  • Sampoerna University
  • Universitas Prasetya Mulya
  • Universitas Ciputra
  • Universitas Bina Nusantara
  • Surya University

Kewirausahaan juga bisa berupa Program Studi International Hospitality and Tourism Business, Sistem Informasi Bisnis, Bisnis Desain Fashion, Bisnis Kuliner, Business Creation, atau Technopreneurship di beberapa universitas. Selain itu, materi Kewirausahaan juga diajarkan di beberapa universitas, seperti UNDIP, UNPAD, IPB, Paramadina, Unpar, dan BSI. Masih ada pula Pusat Kewirausahaan Kampus, misalnya BEC (BSI Entrepreneurship Center) di BSI, KOKESMA (Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa) dan Pusat Inkubator Bisnis di ITB, CDED (Community Business and Entrepreneurship Development) di STMB Telkom, CEP (Community Entrepreneur Program) di UGM, CEDS (Center for Entrepreneurship Development and Studies) di UI, CECT (Center for Entrepreneurship, Change, and Third Sector) di Universitas Tri Sakti, UKM Center di FE UI, dan BEC (BINUS Entrepreneurship Center) di BINUS.

 

Profil Lulusan Jurusan Kewirausahaan

Selepas kuliah di Jurusan Kewirausahaan, kamu memiliki peluang menjadi seorang pewirausaha mula atau entrepreneur, konsultan bisnis, perancang bisnis, pengembang bisnis, pewirausaha sosial, investor, pewaralaba, pendamping bisnis, analis kredit, pembuat kebijakan perusahaan, konsultan keuangan, konsultan human resource, konsultan dan analis marketing, auditor publik, perencana bisnis berkelanjutan, analis riset pasar dan spesialis pemasaran, penyusun strategi pemasaran online, manajer investasi pemodalan, konsultan bisnis, manajer pengembangan bisnis, hingga menjadi seorang pengajar bisnis.

 

Banyak banget peluang kiprahmu setelah kuliah di Jurusan Kewirausahaan, bukan? Memang berbeda dari Manajemen, Administrasi Bisnis, atau Internasional Bisnis, ilmu Kewirausahaan mengajarkan cara mengelola bisnis, inovasi, dan kreativitas sehingga kamu dapat selalu menciptakan produk. Tapi kemampuan ini juga membutuhkan kualitasmu untuk berpikir kreatif dan inovatif, mengeksplor tempat-tempat baru, menemukan ide-ide baru, bertemu dengan orang-orang baru, dan suka bisnis sekalipun dalam skala kecil. Jadi bagaimana? Apakah jurusan ini akan mengantarkanmu meraih mimpimu?

Lebih masukan Blog

Ilmu Perpustakaan, Jurusan yang Kaya Ilmu

Apakah kamu sempat mempertimbangkan kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan? Apakah kira-kira...

Hindari 7 Kesalahan Ujaran Verbal Ini dalan Percakapan Bahasa Inggris

Pernahkah kamu merasa jengkel karena tutur kata orang yang kurang sopan? Memang rasa jengkel...

Menambah Komentar

ZZ
Zulfan Zulfan 5 Bulan Lalu
mantap kayaknya
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru