redesain-navbar Portlet

Blog

photo credit Virginia Tech

Teknik Mesin, Jurusannya Calon Montir?

Cari Tahu Jurusanmu

Salah satu dampak nyata dari Revolusi Industri di Inggris yang terjadi sekian tahun silam adalah keberadaan mesin dan perannya dalam kehidupan kita sehari-hari dimasa kini. Contoh sederhananya, siapa sih yang enggak pake mobil atau motor saat ini? Pesawat, kapal, hingga barang-barang elektronik perlengkapan rumah juga termasuk mesin. Dan Ilmu Teknik Mesin adalah salah satu bidang yang memiliki peran penting dalam peradaban mekanik ini.

 

Tentang Ilmu Mesin atau Mekanika

Teknik Mesin terkadang juga dikenal sebagai Teknik Mekanika. Disinilah kamu belajar tentang prinsip-prinsip Fisika yag diterapkan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Karenanya, berkutat dengan Ilmu Mesin berarti juga belajar tentang mekanika, teknik material, termodinamika, kinematika, mekatronika, konversi energi, hingga AutoCad.

Makanya, calon mahasiswa Teknik Mesin – iya, kamu – musti tangguh pada Matematika dan Fisikia. Apalagi, dibangku kuliah nanti kamu akan ketemu sama mekanika fluida, perpindahan kalor dan massa, getaran, desain atau perancangan, permodelan dan simulasi sistem, proses manufaktur, komposit, sensor dan akuator, mekanika bahan, bahan teknik, motor listrik, serta robotika.

Pada tingkat lanjut, perkuliahan di Jurusan Teknik Mesin akan mengerucut pada bidang peminatan yang lebih spesifik. Tergantung dari perguruan tingginya masing-masing, tapi biasanya peminatan tersebut mencakup Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Konversi Energi, Proses Manufaktur dan Sistem Produksi, Ilmu Bahan atau Metalurgi, Rekayasa Sistem Utilitas Bangunan dan Keselamatan Kebakaran, Perancangan dan Manufaktur Produk, Teknik Kendaraan Berat dan Peralatan Berat,  serta Sistem Manufaktur dan Otomasi.

 

Insinyur Mesin dan Prospek Kerjanya

Kecut dengan rentetan materi perkuliahan di atas? Jangan dulu, karena itu berarti prospek kerja lulusan Teknik Mesin juga sama berentetnya. Ya, dengan kata lain, bila nantinya menjadi sarjana Teknik Mesin, kamu memiliki prospek kerja yang cukup bagus.

Lulusan Teknik Mesin sangat dibutuhkan oleh dunia industri pada berbagai bidang. Misalnya, pada bidang manufaktur, insinyur mesin dibutuhkan untuk merawat dan memperbarui mesin. Apalagi perusahaan otomotif yang sering menjadi prospek idola insinyur mesin karena kebutuhan dunia otomotif untuk terus mengembangkan mesin dan teknologinya. Hal serupa juga berlaku pada perusahaan konstruksi, pertambangan, dan komunikasi. Perawatan dan pengoperasian, hingga pengembangan, peralatan konstruksi, pertambangan, pertanian, elektronik, sampai transportasi seluruhnya membutuhkan kehadiran insinyur mesin.

Jadi, jangan percaya isu hoax diluar sana yang bilang lulusan Teknik Mesin bakalan cuma kerja di bengkel menjadi montir. Justru sebaliknya, kebanyakan insinyur mesin bekerja dibelakang meja berkomputer, sebagai designer, maintenance planner, atau engineer.

Perusahaan-perusahaan perekrut insinyur mesin juga tak main-main – sebutlah British Petroleum, Conoco Philips, General Electric, Rekayasa Industri, Freeport, Pertagas, Pertamina, Chevron, Schlumberger, McDermott, Astra, Badak LNG, Medco, dan lain-lain. Tapi perlu diingat, kamu perlu membidik perguruan tinggi tertentu supaya memiliki kualifikasi layak lirik oleh perusahaan-perusahaan tertentu tersebut.

 

Jurusan Teknik Mesin di Perguruan Tinggi

Jurusan Teknik Mesin memiliki peminat yang cukup tinggi. Tak heran, banyak pula perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, yang memiliki jurusan teknik ini.

Beberapa perguruan tinggi negeri diantaranya adalah Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan masih banyak lagi. Sedangkan beberapa perguruan tinggi swasta dengan Jurusan Teknik Mesin yaitu Universitas Mercu Buana, Universitas Gunadarma, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Sanata Dharma, dan lain-lain.

Lebih masukan Blog

Yang Belum Kamu Tahu tentang Teknik Elektro

Jangan bingung kalau mendengar atau membaca nama Jurusan Teknik Listrik. Mungkin kamu lebih...

Tak Dilirik tapi Dibutuhkan: Teknik Metalurgi

Kalau bosan sama pilihan kuliah yang mainstream, kamu layak mempertimbangkan Teknik Metalurgi....

Menambah Komentar

Badai Ardiat 1 Tahun Lalu
kalau teknin industri
Harap sign in untuk melanjutkan.
Ari setiawan 6 Bulan Lalu
jadi masinis Bisa kan di jurusan mesin ini?
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka