redesain-navbar Portlet

Blog

Profesi dalam Industri Kreatif, photo via www.neilsquire.ca

Temukan: 10 Profesi dalam Industri Kreatif

Profesi-profesi tertentu menuntut tingkat kreativitas yang tinggi.

Sudah tahu apa saja jurusan kuliah yang dapat membekali Sobat Pintar untuk berkecimpung dalam industri kreatif? Bagaimana dengan ragam profesi industri kreatif itu sendiri? Nah, bila sebelumnya Sobat Pintar berkenalan dengan jurusan-jurusan kuliahnya, kali ini kita akan cari tahu lebih banyak tentang profesi-profesi dibidang industri kreatif.

 

1. YouTuber

Profesi kreatif ini sudah memiliki banyak peminat. Sobat Pintar salah satunya? Profesi yang kesannya mudah dan menyenangkan ini sebenarnya tak persis seperti image yang ditampilkannya, Sobat. Dibutuhkan kreativitas yang konsisten untuk menghasilkan konten video yang bermanfaat, unik, dan seru.

 

2. Content Creator/ Writer

Tak hanya kanal YouTube, beragam media digital saat ini juga membuka peluang besar bagi Sobat Pintar yang suka menulis. Alih-alih dalam bentuk video, konten yang diciptakan oleh content creator berupa tulisan. Untuk menjadi seorang writer, Sobat perlu melatih kecakapan dalam menyampaikan ide dalam bahasa tulis.

 

3. Animator

Sentuhan animasi bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi vlog Sobat di YouTube. Tapi profesi animator sendiri sudah sangat disibukkan dengan pekerjaan animasinya, yang bisa kita nikmati pada berbagai film layar lebar. Untuk menjadi seorang animator, Sobat Pintar harus memiliki kreativitas bintang empat dari lima bintang.

 

4. Video/ Music Editor

Profesi dibalik layar ini sangat menentukan seberapa nyaman sebuah rekaman karya musik dapat dinikmati dipendengaran kita. Tugas music editor adalah membantu musisi mengaransemen musiknya, mengatur kualitas suara, dan meraciknya hingga seluruh komposisi terasa enak didengar.

 

5. Chef

Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Bapak Triawan Munaf, menyebutkan bahwa bidang kuliner menyumbang industri kreatif sebesar 41,69% - lebih besar dari bidang fashion, Sobat! Artinya, peluang untuk berkarya dibidang kuliner sangat terbuka lebar. Bercita-cita menjadi chef? Go for it!

 

6. Penerjemah

Tak hanya Bahasa Inggris, menguasai Bahasa Korea, Jepang, dan Mandarin dapat meningkatkan peluangmu berkarya dibidang industri kreatif – dengan menjadi seorang penerjemah, misalnya. Well, you don't have to be a polyglot, but being able to speak and write in six or more languages is definitely a plus.

 

7. Desainer Interior

Sobat Pintar sudah menebak profesi ini? Ya, karena Desain Interior memang menjadi salah satu kategori jurusan industri kreatif. Lagipula, profesi desainer interior memang sedang berkembang pesat di Indonesia saat ini. Menjadi seorang desainer interior berarti Sobat nanti akan terlibat langsung dalam manajemen proyek.

 

8. Desainer Grafis

Untuk menjadi seorang desainer grafis, Sobat Pintar perlu terus mengembangkan skill dan portfolio. And if you really want to develop yourself further, some animation and web design skills will definitely be useful. Jadi, jangan puas hanya dengan Adobe Photoshop dan Illustrator saja ya, Sobat!

 

9. Mobile App Engineer

Seorang mobile app engineer dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang industri kreatif pada era digital seperti sekarang ini. Tugas profesi ini mencakup riset, desain, tes, dan peluncuran aplikasi berbasis Android maupun iOS. Kesuksesan aplikasi yang diluncurkan pada dasarnya terkait erat pada kebutuhan user.

 

10. Desainer Website

Desain web yang menarik saja tak cukup, Sobat. Bila nantinya berprofesi sebagai seorang desainer website, Sobat Pintar harus dapat memadukan antara tampilan web yang menarik sekaligus mudah digunakan. The profession requires some knowledge on Usability Testing, User Ability, prototyping software, etc.

 

Digital strategist, public relations officer, social media specialist, desainer video game,dan music composer adalah profesi-profesi lain dalam industri kreatif. Masih banyak ragamnya bukan, Sobat? Selama kreativitas yang bicara, maka disitu akan selalu ada karya dan pelakunya. And there, you may find your place!

Lebih masukan Blog

Suka dengan Dunia Kreatif? Lihat 7 Referensi Jurusan Ini

Dikutip dari laman Kementerian Perindustrian, industri kreatif Indonesia diperkirakan tumbuh...

10 Jurusan Kuliah untukmu yang Kreatif

Merasa kreatif, Sobat? Orang-orang kreatif adalah mereka yang beruntung karena diberkahi...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka