PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via www.craftscotland.org

Tentang Seni Kriya Tekstil

Cari Tahu Jurusanmu

Seni Kriya Tekstil adalah salah satu konsentrasi atau peminatan dari Jurusan Seni Kriya – Seni Kriya sendiri merupakan cabang dari Seni Rupa. Selain Seni Kriya Tekstil, Jurusan Seni Kriya juga mencakup Seni Kriya Kayu, Seni Kriya Keramik, dan Seni Kriya Logam. Sama seperti Seni Kriya yang lain, Seni Kriya Tekstil juga menyatukan nilai fungsional dan keindahan yang sarat dengan makna filosofis.

 

Keistimewaan Seni Kriya Tekstil

Tanpa mengerdilkan peran Seni Kriya yang lain, Seni Kriya Tekstil terbilang cukup penting karena berkaitan erat dengan pemenuhan kebutuhan dasar manusia, yaitu sandang. Tak hanya pakaian yang melekat dan dikenakan, kebutuhan sandang saat ini telah berkembang menjadi berbagai produk material tekstil seperti uphostery sofa, karpet, bed cover, handuk, tas, sepatu, dan berbagai produk lain yang berbahan dasar kain. Dikarenakan potensi permintaan sandang yang tiada surutnya, maka kamu punya peluang cukup besar untuk menciptakan desain-desain tekstil yang tak hanya bermanfaat, namun juga memiliki nilai seni dan estetika tinggi.

Belajar tentang Seni Kriya Tekstil pada prinsipnya sama seperti Seni Kriya yang lain. Kamu akan diarahkan untuk mengolah material awal hingga menjadi produk akhir dengan teknik modern namun tetap berciri pada teknik pengolahan tangan. Tentu kamu menyadari betapa eksklusifnya nilai produk-produk handmade ditengah gempuran produk pabrikan saat ini. Apalagi, bangsa Indonesia kaya akan warisan kriya atau craft bernilai seni tinggi, seperti kain batik, kain ulos, dan lain-lain.

Dan yang teristimewa dari produk kriya, termasuk Seni Kriya Tekstil, adalah sentuhan personalnya. Misalnya, hasil batik tanganmu takkan sama dengan batik bikinan temanmu sekalipun kalian menggunakan pola yang sama. Keunikan produk inilah yang membuat karya kriya sulit ditiru atau dibajak. Bagaimanapun juga, tak ada dua produk kriya yang sama persis.

 

Lebih Jauh tentang Tekstil

Berkecimpung dalam keilmuan Seni Kriya Tekstil berarti kamu akan belajar tentang apa itu tekstil dan bagaimana cara menaikkan kualitas bahan menjadi lebih baik. Kamu akan mencermati tentang proses produksi dari benang menjadi kain, dari kain polos menjadi kain berwarna atau bermotif, dari kain yang tak bertekstur menjadi kain bertekstur, dan seterusnya. Kamu juga akan belajar bagaimana membuat material serat alam menjadi lebih fungsional atau potensi-potensi dan kemungkinan-kemungkinan lain dalam bidang Kriya Tekstil.

Bayangkan saja apa yang akan kamu pelajari dari beberapa matakuliah Seni Kriya Tekstil berikut ini:

  • Dasar Seni Rupa dan Desain
  • Presentasi Digital Kriya
  • Bahan Tekstil dan Proses
  • Celup Rintang
  • Pattern Drafting
  • Analisis Tren

Perkuliahan akan disesuaikan dengan silabus tiap universitas, tentunya. Dan berikut ini adalah beberapa kampus di mana kamu bisa belajar tentang Seni Kriya Tekstil:

  • Institut Kesenian Jakarta
  • Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  • Telkom University
  • Institut Teknologi Bandung

 

Profesi dan Prospek Kerja

Apa yang akan kamu lakukan selepas kuliah Seni Kriya Tekstil? Berikut ini beberapa alternatifnya.

  • Desainer Kain

Seorang Desainer Kain atau Fabric Designer mengolah permukaan tekstil dengan mengaplikasikan batik, tie dye, atau teknik-teknik lain. Desainer Kain juga mengolah benang sebagai bahan utama pembuatan tekstil hingga menyuplai berbagai kebutuhan bahan Fashion Designer untuk digunakan pada rancangannya.

  • Seniman Kriya

Sebagai Seniman Kriya, kamu mengolah bahan-bahan tekstil dengan teknik tertentu sehingga bisa dinikmati sebagai suatu produk bernilai estetis dan berfungsi dekoratif.

  • Konsultan Desainer

Banyak diperlukan pada pabrik-pabrik industri berskala besar, Konsultan Desainer meramalkan kreasi-kreasi kain yang akan disukai pasar – mulai dari bahan, motif, hingga warna.

  • Interior Fabric Designer

Desain interior seringkali bertitikberat pada penciptaan kesan tertentu pada suatu ruangan, dan disinilah peran seorang Interior Fabric Designer diperlukan. Selain menyuplai kebutuhan perlengkapan interior, kamu juga bisa mengolah produk interior berbahan tekstil seperti kap lampu, karpet, tirai, lapisan sofa, dan lain sebagainya. Hanya material yang sesuai sajalah yang sanggup menyokong terealisasinya rancangan yang diinginkan oleh desainer interior.

  • Pengusaha/ Wirausaha/ Entrepreneur

Kamu bisa menjadi seorang pengusaha pembuatan kain batik, sepatu kulit, perlengkapan interior, atau mengelola butik dan distro.

  • Fashion Designer
  • Fashion Editor
  • Wardrobe

 

Bila kamu memang suka berkreasi dengan kedua tanganmu dan memiliki minat spesifik pada textile craftsmanship, jangan takut untuk menetapkan pilihanmu pada Seni Kriya Tekstil. Disini kamu tak hanya belajar segala sesuatunya tentang perkainan, tapi juga manajemen produksi, marketing, hingga kimia – satu paket lengkap yang lebih dari sekedar pelatihan keterampilan.

Lebih masukan Blog

8 Jurusan Seni – Dimana Kamu akan Berada?

Wahai anak muda yang berjiwa seni, apakah kamu merasa terpanggil untuk kuliah di Jurusan Seni?...

4 Jurusan di Sekolah Penerbangan dengan Profesi Menjanjikan

Kian hari, transportasi udara kian jadi pilihan banyak orang karena efisiensi waktu yang...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru