APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Tes Jurusan Kuliah: Bantu Mudahkan Pilihanmu, Tenangkan Galaumu

Gunakan alat yang tepat untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.

Tes Jurusan Kuliah, image credit Angelina Litvin

Bayangkan Sobat, betapa mudahnya pilihan hidup kita jika ada tes kecocokan jurusan kuliah! Tak perlu lagi pusing-pusing memilih kuliah di jurusan A, B, atau C. Kita hanya perlu menjawab serangkaian pertanyaan tentang diri kita sendiri, and then... voila! Kita dihadapkan pada saran jurusan terbaik, sesuai dengan bakat dan minat diri.

How does it sound? Doesn't it sound wonderful? And the best part is yet to come: tes penjurusan kuliah itu memang ada!

 

Tes Penjurusan Kuliah: Cara Menentukan Jurusan Kuliah

Ya! Saat ini sudah ada tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah. Tes ini membantu kita mengetahui apa saja kelebihan, kekurangan, dan potensi kita pada suatu bidang studi.

Kenapa kita perlu mengenal diri sendiri lebih baik saat hendak memilih jurusan kuliah? Sederhana saja, Sobat. Kita akan belajar suatu bidang ilmu tertentu dengan lebih spesifik. Jika ternyata kita kurang memiliki minat tentang ilmu tersebut, belajarnya juga akan terasa berat.

Kemudian setelah lulus, kita memasuki dunia kerja dengan bekal akademik dan non-akademik yang diperoleh selama kuliah. Bagaimana kinerja kita nanti, hingga perkembangan karier, kurang lebih dipengaruhi juga oleh bakat dan minat diri.

Ada jalan panjang di depan sana yang arahnya ditentukan sejak sekarang. Nah, tes kecocokan jurusan kuliah bisa menjadi kompas kita dalam menentukan arah yang tepat untuk dituju.

 

Tes Penjurusan Kuliah agar Tak Salah Pilih Jurusan

Ya, ada cara menentukan jurusan kuliah dengan akurasi yang cukup baik tanpa kerumitan yang tak perlu. Tes penjurusan digunakan untuk mencari jurusan yang cocok, baik jurusan di SMA maupun kuliah, yang sesuai dengan bakat dan minat kita.

Bagaimana cara menentukan jurusan kuliah dengan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah di aplikasi Aku Pintar? Sobat Pintar akan menjawab beberapa pertanyaan. Kemudian, hasil akhirnya berupa rekomendasi jurusan-jurusan yang sesuai.

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini berbasis pada enam tipe ideal vocational types, yaitu Realistic, Investigate, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional. Jawaban-jawaban yang kita berikan pada tes penjurusan kuliah akan menunjukkan kita lebih cenderung mendekati tipe yang mana.

Dengan kata lain, tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini tak hanya membantu kita menemukan jurusan kuliah yang tepat . Akan tetapi, tes jurusan kuliah juga membantu kita mengenal diri sendiri dengan lebih baik lagi.

 

Tes Kepribadian untuk Memilih Jurusan Kuliah

Mengenal dan memahami diri sendiri tak hanya penting dalam menentukan pilihan jurusan kuliah. Pemahaman diri yang baik juga membantu kita mengetahui gaya belajar yang paling efektif, Sobat! Dan untuk itu, kita dapat menggunakan tes kepribadian.

Ada berbagai tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah, salah satunya tes kepribadian dengan teori DISC. DISC sendiri merupakan akronim dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Lantas, bagaimana menggunakan tes kepribadian untuk memilih jurusan kuliah?

Tes kepribadian online untuk memilih jurusan kuliah di aplikasi Aku Pintar dikerjakan dengan menjawab serangkaian pertanyaan tentang diri kita sendiri. Kemudian, kita akan memperoleh feedback tentang kekuatan dan kelemahan, hingga tips pengembangan diri.

 

Alat yang Tepat untuk Tujuan yang Jelas

Baik tes jurusan kuliah maupun tes kepribadian sama-sama kita butuhkan. Pasalnya, pilihan jurusan kuliah hingga bidang pekerjaan di masa depan tak hanya dipengaruhi oleh kompetensi akademik kita. Kepribadian pun turut menentukan bagaimana kita menjalani kuliah dan profesi yang sesuai.

So, why don't we use the tests to help us reach our best potentials? Langsung digunakan saja, Sobat!

170

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog