APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Masih Bimbang Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA? Ayo Simak Tips Ampuh Berikut!

Berdasarkan informasi terkini, Kurikulum Merdeka mewajibkan siswa untuk memilih sendiri matpel yang disukai dengan tujuan sehingga mereka lebih optimal dalam mengembangkan potensi diri. Bagi Sobat Pintar yang masih merasa kebingungan dan ragu untuk memilih mata pelajaran, mari simak informasi berikut sebagai bahan pertimbangan!

Penjurusan di SMA Mulai Kelas Berapa?
 

Ketika mengacu pada kurikulum terdahulu, proses penjurusan akan dilakukan ketika siswa berada di jenjang kelas sebelas dan dua belas. Akan tetapi, kurikulum yang terbaru ini hal tersebut akan ditiadakan sehingga tidak ada lagi program penjurusan dalam bentuk apa pun. 

Sebaliknya, para murid akan diberi kebebasan secara mandiri memilih mata pelajaran sesuai minat bakat dan kemampuan mereka. Kelompok matpel itu yakni Keterampilan Vokasi, Bahasa, IPS, serta MIPA sehingga siswa akan menguasai lebih banyak ilmu dibandingkan saat penerapan kurikulum sebelumnya. 


 

Kumpulan Mata Pelajaran untuk Kurikulum Merdeka 
 

Sebenarnya, matpel pada kurikulum ini tak terlalu berbeda dari kurikulum yang terdahulu, hanya saja siswa sekarang bisa memilih matpel yang mereka sukai. Berikut merupakan beberapa daftar mata pelajaran SMA Kurikulum Merdeka yang dapat Sobat Pintar perhatikan:

  1. Olahraga dan Seni

Kelompok matpel pertama ini sebenarnya masih hanya diperuntukkan bagi sekolah yang sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah saja. Akan tetapi, Sobat Pintar dapat memilih mata pelajaran ini demi mengembangkan kreativitas dan inovasi sejak dini serta mengasah kemampuan seni yang pasti berguna di masa depan.

  1. MIPA 

Kelompok mata pelajaran SMA ini merupakan kelompok matpel yang mengelompokkan ilmu-ilmu sains dan eksak. Beberapa mata pelajaran di kelompok MIPA meliputi mata pelajaran Informatika, Biologi, Kimia, Fisika, hingga Matematika peminatan.

Jika Sobat Pintar menggemari ilmu-ilmu yang bersifat pasti dan ilmiah, maka ada banyak mata pelajaran menarik yang bisa dipilih. Tidak hanya itu, namun ada juga ilmu Informatika yang pasti akan begitu dibutuhkan di masa modern terlebih dengan perkembangan teknologi yang semakin masif.

  1. IPS

Bagi Sobat Pintar yang menyukai ilmu sosial lalu merasa tertarik untuk melanjutkan studi kuliah ke jurusan Sosial Humaniora, maka kelompok matpel IPS juga bisa dipilih jika memang memiliki minat besar pada kelompok matpel ini. Pada kelompok IPS, ada matpel yang menarik seperti Antropologi, Geografi, Sosiologi, dan juga Ekonomi.

Ketiga mata pelajaran IPS itu mungkin sudah tidak asing lagi karena sudah ada di kurikulum-kurikulum sebelumnya. Sementara itu, mata pelajaran Antropologi mungkin masih cukup asing dan belum banyak sekolah di Indonesia yang menyediakannya, namun Antropologi sangat menarik untuk dipelajari karena berhubungan dengan sejarah manusia yang begitu unik.

  1. Vokasi atau Karya Kreatif

Pendidikan vokasi yang disediakan pada kurikulum ini telah dirancang sedemikian rupa untuk membantu siswa agar selalu mengikuti perkembangan zaman. Pada pendidikan vokasi ini, maka siswa akan dibantu demi mempersiapkan diri di bidang industri kreatif yang mana saat ini sedang sangat populer di seluruh dunia. 

  1. Bahasa serta Budaya

Seperti namanya, mata pelajaran Kurikulum Merdeka SMA yang satu ini memang berhubungan dengan bahasa serta budaya yang diminati oleh para siswa. Siswa akan diberikan kesempatan untuk semakin mengenal dunia sastra Indonesia serta mempelajari tentang budaya-budaya yang sangat melimpah dan menarik.

Tidak hanya itu saja, namun siswa juga bisa menentukan matpel bahasa asing yang memang ingin dipelajari. Selain bahasa Inggris, matpel bahasa asing yang disediakan oleh sekolah juga bisa berupa bahasa dari negara lain dan sekolah wajib menyediakan instrumen pembelajaran bahasa tersebut.

Tips Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan 
 

Dari sekian mata pelajaran Kurikulum Merdeka jenjang SMA, tentunya beberapa siswa akan kesulitan untuk menentukan apa saja matpel yang memang sesuai dengan dirinya. Oleh sebab itu, pemilihan mata pelajaran di jenjang SMA tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena ini berkaitan dengan masa depan.

Sobat Pintar tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada panduan pemilihan mata pelajaran pilihan di SMA. Berikut adalah beberapa tips terbaik yang dapat ditiru untuk memilih mata pelajaran yang paling tepat agar nantinya tidak menyesal:

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan 

Cara menentukan mata pelajaran pilihan di SMA Kurikulum Merdeka yang pertama adalah dengan memastikan bahwa Sobat Pintar mempertimbangkan kebutuhan. Dalam artian bahwa kita harus bisa memperhatikan perkembangan dunia dan industri modern sehingga apa yang kita pelajari dapat bermanfaat demi kebutuhan di masa depan.

Saat ini, kemampuan bahasa serta teknologi adalah hal yang sangat krusial demi menunjang masa depan, sehingga Sobat Pintar usahakan untuk tidak mengabaikan keduanya. Tidak hanya itu saja, namun keterampilan seni juga sangat penting dalam mengasah kemampuan pola pikir agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

  1. Mengenali Minat Pribadi

Untuk mengenali minat yang dimiliki, sebenarnya hal ini tidak terlalu sulit sebab Sobat Pintar dapat melakukannya dengan bertanya pada diri sendiri. Coba bertanya, apakah Sobat Pintar lebih nyaman belajar ilmu eksakta yang dipenuhi rumus dan ilmu pasti, atau justru lebih nyaman untuk mempelajari ilmu sosial yang cakupannya sangat luas?

Dengan mengetahui seperti apa minat yang Sobat Pintar punyai, maka nantinya proses memutuskan mata pelajaran dapat menjadi lebih mudah. Sebab, jika tidak merasa nyaman dalam mempelajari suatu hal, maka hal ini akan berakibat fatal terhadap proses menuntut ilmu dan terkadang bisa membuat siswa enggan untuk belajar lagi.

Cara Memahami Minat Bakat dan Kemampuan Diri
 

Sebenarnya , minat dan bakat dapat dikenali dengan melakukan beberapa tes baik itu secara mandiri atau dengan memanfaatkan bantuan tenaga profesional. Berikut adalah beberapa cara termudah yang bisa dimanfaatkan dalam mengenali kemampuan pribadi:

  1. Mengikuti Tes Psikologi

Saat ini, beberapa sekolah di Indonesia telah menyediakan psikotes yang dapat dijalani oleh para siswa SMA. Tes itu untuk mengetahui seperti apa kemampuan serta minat yang mereka miliki sebagai bahan pertimbangan untuk memilih jurusan.

Jika Sobat Pintar masih tetap merasa kesulitan untuk mengenali diri sendiri, maka tidak perlu merasa sedih. Sebab, sekarang sudah ada tes psikologi Aku Pintar yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengetahui diri secara lebih mendalam lagi!

  1. Berkonsultasi dengan Guru BK

Langkah lain yang tidak kalah efektif adalah dengan memanfaatkan bantuan dari Guru BK. Tugas utama dari guru konseling adalah memberikan arahan kepada siswa, untuk itu Sobat Pintar tidak perlu merasa takut dan memanfaatkan bantuan mereka saat kesulitan memilih mata pelajaran.

Kesimpulan
 

Itulah penjelasan lengkap yang dapat Sobat Pintar perhatikan mengenai proses pemilihan mata pelajaran saat SMA. Usahakan untuk memilih mata pelajaran yang tepat agar Sobat Pintar merasa lebih bersemangat saat sekolah!

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog