APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

Yang Baru di ITS: Jurusan Teknologi Kedokteran

ITS kini memiliki jurusan kedokteran, tanpa meninggalkan sisi tekniknya.

Photo by Piron Guillaume on Unsplash

Kedokteran ITS menawarkan alternatif kuliah yang baru buat kalian yang pengin masuk dunia kedokteran. Iya, kita lagi ngebahas Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yang lebih sering disingkat ITS. Kamu pikir kuliah kedokteran di Surabaya cuma di FK Unair? Enggak, Sobat. Ada alternatif kuliah di bidang yang sama, yaitu Teknologi Kedokteran ITS.

Eh, apa itu Jurusan Teknologi Kedokteran? Seperti apa kuliahnya? Beneran nih, bisa jadi alternatif kuliah kedokteran? Kalau mau tau lebih banyak tentang Teknologi Kedokteran ITS, kuy sini kepoin bareng.

 

Kuliah di Bidang Kesehatan di ITS

Apakah ITS ada fakultas kedokteran
Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Dikenal sebagai kampus teknik, apakah ITS ada Fakultas Kedokteran? Eh, siapa bilang ITS kampusnya anak teknik "doang?" Iya, ternyata kuliah kedokteran ataupun ilmu-ilmu lain di bidang kesehatan itu juga bisa di ITS, enggak cuma di Unair – kalau di Surabaya.

Pada tahun akademik 2022/2023 ITS membuka program studi baru di bidang teknologi kesehatan, yaitu Teknologi Kedokteran. Oke, Teknologi Kedokteran ITS memang masih bersinggungan lebih erat dengan bidang teknik ketimbang ilmu kedokteran. Namun justru di situlah menariknya, Sobat Pintar.

Kedokteran adalah salah satu bidang yang terdampak secara masif oleh perkembangan teknologi. Sudah banyak tindakan medis yang didukung oleh teknologi, seperti CT Scan, MRI, ESWL, dan lain sebagainya. Beberapa waktu belakangan dunia kedokteran juga mendapatkan "hadiah" alat deteksi tuberkulosis, Tuberculosis Detect and Care (TB DeCare). Robotic surgery, misalnya, adalah teknologi di bidang kesehatan yang menggunakan robot untuk membantu prosedur pembedahan guna mengurangi bahkan menghilangkan trauma pada jaringan akibat operasi terbuka.

mRNA, CRISPR, hingga telemedicine ataupun smartwatch juga merupakan bagian perkembangan teknologi medis yang kita rasakan. Menurut pengertiannya sendiri, teknologi medis adalah ilmu kedokteran yang menggunakan peralatan serta prosedur tertentu untuk membantu menemukan penyebab penyakit serta membantu pengobatannya.

Masih banyak contoh lain tentang bagaimana teknologi di bidang kesehatan terus berkembang sehingga berdampak pada perbaikan kualitas tindakan medis. Nah, untuk mendukung perkembangan teknologi kesehatan tersebut, ITS membuka Jurusan Teknologi Kedokteran.

 

Teknologi Kedokteran, Jurusan Baru di ITS

ITS menyediakan jurusan apa saja
Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Teknologi Kedokteran ITS adalah jurusan kuliah di bidang teknologi kedokteran pertama di Indonesia. Akan tetapi, jurusan teknik kedokteran ini bukanlah yang pertama di ITS.

Khusus di bidang kesehatan atau kedokteran, ITS menyediakan jurusan apa saja? Di bidang teknik kedokteran, ITS telah terlebih dahulu membuka Jurusan Teknik Biomedik, Sobat Pintar.

Teknik Biomedik ITS adalah salah satu jurusan dengan keketatan persaingan masuk yang cukup tinggi. Di jurusan ini kamu belajar tentang sintesis dan analisis di bidang pengolahan sinyal biomedik, instrumentasi biomedik, biomaterial, kontrol biomedik, dan biomekanika. Ranah Teknik Biomedik adalah pada pembuatan serta pengembangan, riset dan teknologi.

Sementara itu, ranah Teknologi Kedokteran adalah pada aplikasi teknologi yang telah ada. Memang, tak bisa dipungkiri bahwa Teknologi Kedokteran ITS merupakan pengembangan dari Teknik Biomedik. Bahkan tahun pertama perkuliahan Teknologi Kedokteran menggunakan kurikulum yang mirip dengan kurikulum Teknik Biomedik. Namun di tahun kedua sampai akhir kuliah, perkuliahan akan banyak melibatkan praktik bersama dokter – misalnya, dalam pengoperasian alat-alat kesehatan kepada pasien.

Angkatan pertama Teknologi Kedokteran ITS pada tahun akademik 2022/2023 sebanyak 40 mahasiswa. Untuk keperluan praktikum anatomi maupun fisiologi, para mahasiswa tersebut menggunakan laboratorium kedokteran FK Unair.

 

Kuliah di ITS, Surabaya

Fakultas ITS ada berapa
Photo by MART PRODUCTION on Pexels

Apakah Teknologi Kedokteran ITS adalah alternatif jurusan kuliah buatmu, Sobat Pintar? Boleh jadi jawabannya iya, terutama bila bidang minatmu ada pada kesehatan dan elektronika. Boleh banget loh, kamu coba Tes Penjurusan Kuliah untuk memastikan apakah teknik kedokteran memang jurusan kuliah yang pas, sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

Bagaimana kalau hasil Tes Penjurusan itu ternyata mengarahkanmu untuk kuliah di jurusan selain teknik kedokteran? Memangnya fakultas ITS ada berapa? Apa lagi alternatif jurusan untukmu di kampus negeri ini?

Tenang, Sobat Pintar. Selain teknik kedokteran, masih banyak pilihan kuliah yang lainnya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Misalnya, boleh banget tuh menjajaki kemungkinan kuliah Teknik Elektro di ITS. Meski harus meninggalkan bidang kesehatan, setidaknya kamu masih bisa belajar bidang tekniknya. Boleh kan, mempertimbangkan peluang kuliah di jurusan-jurusan lain?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog