redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Administrasi Rumah Sakit

Rumpun Ilmu Administrasi
Pelajaran Terkait Administrasi
astro-jurusan

Apa itu Administrasi Rumah Sakit ?

Administrasi rumah sakit merupakan program studi yang mempelajari tentang cara pengelolaan dan manajemen rumah sakit maupun lembaga kesehatan lainnya, meliputi bidang keuangan, administrasi, rekam medik, sekretaris medik, personalia, humas, hingga farmasi. Lulusan jurusan ini diharapkan menjadi sumber daya yang mampu mengelola manajemen rumah sakit secara efektif dan efisien serta memenuhi standar mutu pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Mengapa harus

Jurusan Administrasi Rumah Sakit ?

  • Minat di bidang manajemen khususnya kesehatan
  • Bagi sobat pintar yang memiliki minat di bidang manajemen khususnya di sektor kesehatan, maka kamu bisa memilih jurusan ini. Kamu dapat mengelola manajemen di lembaga kesehatan dan memastikan rumah sakit tersebut berjalan dengan baik dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

  • Peluang karir yang menarik
  • Tahukah sobat pintar kalau rumah sakit dan lembaga kesehatan lainnya sangat membutuhkan tenaga non-medis untuk pengelolaan manajemen keuangan, sdm, hingga pelayanan. Oleh karena, itu lulusan jurusan ini sebenarnya memiliki peluang karir yang sangat terbuka.

  • Memiliki materi yang general dan spesialis
  • Jurusan administrasi rumah sakit merupakan disiplin ilmu yang berada dalam ruang lingkup general dan memiliki perspektif spesialis di bidang kebijakan kesehatan.

  • Dapat meningkatkan mutu pelayanan lembaga kesehatan
  • Adakah dari sobat pintar yang ingin melihat kemajuan di bidang pelayanan instansi kesehatan Indonesia. Kalau kamu memiliki tujuan tersebut, maka jurusan ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Apa yang dipelajari?

Jurusan Administrasi rumah sakit mempelajari bidang mutu layanan rekam medik, dikaitkan langsung dengan aspek penerapan ke arah pelayanan kesehatan, kedokteran, kebidanan, keperawatan, dan kefarmasian. Mahasiswa jurusan ini belajar tentang cara mengelola keuangan, sumber daya manusia, operasional rumah sakit, dan pelayanan pasien. Jurusan ini juga memfokuskan pada aspek hukum dan etika dalam pengelolaan rumah sakit, serta cara mengelola hubungan dengan pemerintah, masyarakat, dan pasien.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Lulusan jurusan administrasi rumah sakit memiliki kemampuan manajerial, seperti mengelola SDM, keuangan, dan operasional.
  • Lulusan jurusan administrasi rumah sakit memiliki kemampuan analitis, seperti menganalisis data dan membuat keputusan yang tepat
  • Lulusan jurusan administrasi rumah sakit mampu berkomunikasi dengan baik, berinteraksi dengan orang, dan menyampaikan informasi.
  • Lulusan jurusan administrasi rumah sakit memiliki kemampuan interpersonal, bekerja sama, menjalin hubungan,dan mengelola konflik
  • Lulusan jurusan administrasi rumah sakit memahami hukum dan etika yang berlaku dalam pengelolaan rumah sakit.
  • Lulusan jurusan administrasi rumah sakit memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN KESEHATAN

icon mata kuliah

Administrasi Perkantoran Rumah Sakit

icon mata kuliah

CRM (Customer Relationship Management)

icon mata kuliah

Komputer Akuntansi Rumah Sakit

icon mata kuliah

KORESPONDENSI BISNIS

icon mata kuliah

Manajemen Asuransi Kesehatan

icon mata kuliah

Statistik dan Probabilitas

icon mata kuliah

TERMINOLOGI MEDIS

icon mata kuliah

STANDARISASI AKREDITASI RUMAH SAKIT

icon mata kuliah

SANITASI RUMAH SAKIT

icon mata kuliah

MANAJEMEN KEUANGAN RUMAH SAKIT

icon mata kuliah

MANAJEMEN LOGISTIK RUMAH SAKIT DAN FARMASI

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Administrasi Rumah Sakit

redesain-navbar Portlet