Jurusan Periklanan
CariJurusanV3

Apa itu Periklanan ?
Jurusan Periklanan atau Advertising merupakan studi ilmu yang mempelajari tentang cara menerapkan strategi kreatif periklanan melalui ilustrasi, animasi, desain komunikasi visual, sketsa dan topografi periklanan. Ilmu strategi tersebut yang kemudian akan diproses dan diolah dalam sebuah promosi atau iklan yang biasanya ditayangkan melalui Televisi, Radio, Majalah, Koran, ataupun Website dan media lainnya.
Mengapa harus
Jurusan Periklanan ?
- Prospek kerja yang luas dan pilihan karir yang terbuka
- Perkuliahan menyenangkan dan ilmu pengetahuan beragam
- Mampu memiliki skill kreativitas
- Kemampuan yang relevan dengan industri masa kini
Lulusan dari jurusan Periklanan memiliki prospek kerja yang luas dan terbuka. Sebab sarjana dari jurusan ini dibutuhkan oleh berbagai industri dari kecil sampai besar.
Mahasiswa jurusan Periklanan tidak hanya belajar mengenai teori, tetapi juga praktik. Materi kuliahnya pun dinamis sehingga perkuliahan di jurusan ini tidak akan bikin bosan karena materinya peka terhadap perkembangan.
Lulusan jurusan Periklanan dilatih untuk dapat membuat media promosi yang dapat memengaruhi pola perilaku konsumen. Hal ini tidak hanya membutuhkan kemampuan dalam hal pemasaran, tetapi juga skill kreativitas dalam menciptakan media promosi yang orisinal dan menarik untuk konsumen.
Lulusan jurusan Periklanan memiliki skill dan kemampuan yang relevan dengan kebutuhan industri masa kini. Ini cukup menjadi modal besar sehingga Sobat pintar yang memilik jurusan ini akan memiliki semakin banyak prospek lapangan pekerjaan.

Gelar Sarjana jurusan Periklanan (S.I. Kom) kebanyakan memiliki prospek kerja di bidang Marketing dan bekerja pada beberapa posisi seperti, Analis Riset Pasar dan Pemasaran, Copywriter, Konsultan Pemasaran, Art Director, maupun Public Relation. Namun, sarjana jurusan Periklanan juga dapat menjajal profesi lainya diantaranya, Pengajar Komunikasi, Pengarah Musik Radio, Content Strategist, Spesialis Media Sosial, Perencana Iklan, dan Analis Media.
Apa yang dipelajari?
Jurusan Periklanan atau Advertising merupakan studi ilmu yang mempelajari tentang cara menerapkan strategi kreatif periklanan melalui ilustrasi, animasi, desain komunikasi visual, sketsa dan topografi periklanan. Ilmu strategi tersebut yang kemudian akan diproses dan diolah dalam sebuah promosi atau iklan yang biasanya ditayangkan melalui Televisi, Radio, Majalah, Koran, ataupun Website dan media lainnya.
Pengetahuan dan Keahlian
- Lulusan jurusan Periklanan mampu bekerja dengan detail, berpikir kritis, dan rasional dalam merancang konsep promosi atau iklan.
- Lulusan jurusan Periklanan memiliki keterampilan dalam melakukan riset dan analisis pasar dalam upaya merancang sebuah iklan.
- Lulusan jurusan Periklanan memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal.
- Sarjana jurusan Periklanan mampu menjadi problem solver dan memecahkan masalah yang timbul.
- Sarjana Periklanan mampu bekerja secara individu maupun bergabung ke dalam sebuah tim pemasaran di perusahaan.
- Sarjana Periklanan mampu mengobservasi target pasar untuk dapat menyusun konsep iklan yang tepat pada produk yang diiklankan.

Mata Kuliah

KOMUNIKASI MASSA

Sosiologi Komunikasi

ASAS-ASAS MANAJEMEN

Komputer Grafis

Fotografi Iklan

DASAR DASAR MARKETING

Komunikasi Pemasaran Terpadu

Produksi Iklan Televisi

Analisa Perilaku Konsumen

Riset Iklan

DESKTOP PUBLISHING

ETIKA PERIKLANAN
Daftar Alumni Penting
Aktor

Lucky Perdana
Kampus Terkait
Jurusan Terkait Periklanan
footer_v3

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat
sesuai minat dan bakatmu.
Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan, nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia
Kontak Kami
Grand Slipi Tower Lt. 42
Jl. S. Parman Kav 22-24
Jakarta Barat
© 2023 Aku Pintar. All Rights Reserved