redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Bahasa dan Sastra Inggris

Rumpun Ilmu Bahasa dan Sastra
Pelajaran Terkait Bahasa dan Sastra
astro-jurusan

Apa itu Bahasa dan Sastra Inggris ?

Pada umumnya jurusan bahasa terpisah dari jurusan sastra. Demikian pula dengan Bahasa dan Sastra Inggris. Secara umum, Jurusan Bahasa Inggris lebih dipahami sebagai Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, atau Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, yang menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi tenaga pendidik. Sedangkan Jurusan Sastra Inggris biasanya diminati oleh mereka yang memang ingin belajar tentang sastra atau linguistik dalam Bahasa Inggris. Meski begitu, jurusan Bahasa dan Sastra Inggris dapat dijumpai di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Karena bukan jurusan pendidikan, Bahasa dan Sastra Inggris dapat dipahami sebagai jurusan di mana mahasiswanya belajar tentang sastra, linguistik, maupun peminatan lain dalam Bahasa Inggris.

Mengapa harus

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris ?

  • Minat dan kemampuan linguistik, terutama Bahasa Inggris, biasanya menjadi pendorong utama kenapa memilih kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.
  • Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang sudah dipelajari sejak masih di sekolah. Nilai yang baik atau minat yang tinggi pada mata pelajaran ini biasanya menjadi pendorong kenapa seseorang ingin melanjutkan kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.

  • Minat dan keingintahuan yang tinggi tentang budaya, khususnya pada wilayah atau negara yang masyarakatnya berbahasa Inggris.
  • Bahasa merupakan salah satu produk budaya. Kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris membuatmu belajar banyak tentang kebudayaan para penutur Bahasa Inggris. Pengetahuan tentang kebudayaan komunitas atau masyarakat lain dapat membuka wawasan, bahkan memengaruhi pola pikirmu.

  • Kemampuanmu berbahasa Inggris memberimu peluang untuk belajar banyak hal lain secara mandiri.
  • Banyak orang dengan berbagai profesi di berbagai negara bisa berbahasa Inggris. Mereka yang berbagi ilmu, pengetahuan, maupun informasi melalui blog atau video memilih Bahasa Inggris agar konten yang dibuatnya dapat dibaca atau ditonton oleh lebih banyak orang. Di sisi lain, Sobat dapat mengakses dan mempelajari lebih banyak informasi dan pengetahuan karena menguasai bahasa universal ini dengan baik. Pada gilirannya, wawasan dan cakrawala berpikirmu pun akan semakin luas.

  • Prospek kerja Bahasa dan Sastra Inggris terbilang fleksibel.
  • Dengan pilihan peminatan linguistik dan sastra, Sobat Pintar dapat menentukan apakah ingin memperdalam ilmu bahasa atau sastra. Prospek kerja dari kedua peminatan ini pun cukup luwes, tidak membatasimu untuk menjalani satu profesi tertentu saja. Bahkan, tak menutup kemungkinan bagi alumni Bahasa dan Sastra Inggris untuk menjadi guru atau dosen setelah memenuhi kualifikasi profesi yang dibutuhkan. Alumni jurusan ini ada yang bekerja sebagai freelancer, karyawan perusahaan swasta, ataupun pegawai negeri.

Apa yang dipelajari?

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris memantapkan keterampilannya berbahasa di semester-semester awal kuliah. Tawaran peminatan, apakah itu sastra, linguistik, atau yang lain, biasanya diberikan di tahun kedua. Jika memilih peminatan sastra, Sobat Pintar akan belajar tentang puisi, novel, cerita pendek, film, komik, bahkan musik. Peminatan linguistik lebih mengarah kepada ilmu bahasa, yang mencakup bentuk bahasa, makna bahasa, konteks bahasa, dan berbagai aspek lain tentang bahasa.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris melatihmu untuk berpikir kritis.
  • Kemampuanmu menganalisis juga meningkat pesat melalui berbagai mata kuliah linguistik maupun sastra.
  • Terlatih bersikap kritis dan analitis, Sobat yang kuliah di jurusan ini cenderung memiliki pola pikir yang terstruktur.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

CROSS CULTURAL COMMUNICATIONS

icon mata kuliah

Second Language Acquisition

icon mata kuliah

DISCOURSE ANALYSIS

icon mata kuliah

SOSIOLINGUISTICS

icon mata kuliah

DIALECTOLOGY (*LING)

icon mata kuliah

Psycholinguistics

icon mata kuliah

First Language Acquisition

icon mata kuliah

INTERPRETING

icon mata kuliah

ENGLISH PROSE

icon mata kuliah

SEMIOTICS

icon mata kuliah

YOUTH CULTURE

icon mata kuliah

ENGLISH POETRY

Daftar Alumni Penting

Akademikus, intelektual publik, aktivis, Guru Besar FIPB UI

alumni

Melani Budianta

Aktris dan model

alumni

Mariana Renata Dantec

Pengarang dan akademisi

alumni

Intan Paramaditha

Dosen Prodi Sastra Inggris UNY, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNY

alumni

Widyastuti Purbani

Pembawa acara berita

alumni

Elvira Khairunnisa

Penulis dan aktor film

alumni

Muhary Wahyu Nurba

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Bahasa dan Sastra Inggris

redesain-navbar Portlet