redesain-navbar Portlet

CariJurusanV3

Kecocokan Denganmu

lock
logo sekolah

Rekam Medik

Rumpun Ilmu Teknik Alat Medis
Pelajaran Terkait Teknik Alat Medis
astro-jurusan

Apa itu Rekam Medik ?

Rekam Medik merupakan salah satu jurusan kuliah di bidang ilmu kesehatan yang tersedia pada Program D4 dan D3. Gelar lulusan Jurusan D3 Rekam Medik adalah Amd.RMIK (Ahli Madya Perekam dan lnformasi Kesehatan). Jurusan Rekam Medik dikenal juga sebagai Jurusan Rekam Medis atau Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Pada Program D4, jurusan ini lebih dikenal sebagai Manajemen Informasi Kesehatan.

Mengapa harus

Jurusan Rekam Medik ?

  • Jurusan kuliah di bidang ilmu kesehatan dengan tingkat keketatan yang lebih rendah
  • Sebagaimana Kedokteran, Keperawatan, Farmasi, maupun Kebidanan, Rekam Medik sebenarnya sama-sama merupakan bagian dari bidang ilmu kesehatan. Pada satu sisi, Rekam Medik memang kurang diminati. Namun di sisi lain, rendahnya minat calon mahasiswa berarti peluangmu untuk lolos seleksi masuk kuliah menjadi lebih besar. Lagipula, peran rekam medik sebenarnya amat penting lantaran dokter membutuhkannya agar dapat menegakkan diagnosis dan menentukan jenis perawatan yang tepat bagi pasiennya.

  • Minat pada bidang teknologi dan sistem informasi serta penerapannya bidang kesehatan
  • Kesehatan adalah salah satu bidang yang terus berkembang seiring zaman, terutama dalam penggunaan teknologi. Kuliah Rekam Medik membuatmu terlibat dan mengambil peran dalam dunia kesehatan, tetapi secara khusus pada bidang sistem informasinya. Pasalnya, hasil akhir dari rekam medis berupa informasi mengenai riwayat kesehatan dan perawatan pasien.

  • Memiliki karakter tekun, teliti dan suka menganalisis data
  • Belajar dan bekerja di bidang rekam medik membutuhkan ketekunan dan ketelitian yang tinggi. Pasalnya, segala hal yang berkaitan dengan pencatatan, pelaporan, pendataan, hingga analisis data yang lengkap dan runtut merupakan tanggung jawab petugas rekam medik. Data rekam medis tersebut akan sangat mempengaruhi akurasi diagnosis dokter dan peluang keberhasilan perawatan setiap pasien.

Apa yang dipelajari?

Kuliah Rekam Medik membuatmu belajar tentang sistem pencatatan, pelaporan, pendaftaran, pengumpulan, pengisian, dan analisis data medis pasien. Sistem perekaman data medis terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi sehingga mahasiswa juga harus menguasai teknologi yang dibutuhkan. Untuk itu, mahasiswa Rekam Medik belajar tentang coding penyakit, analisis data, dan pencatatan data berbasis elektronik. Sebagai jurusan kuliah vokasi, Rekam Medik menjanjikan lebih banyak praktikum ketimbang teori.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kuliah Rekam Medik membekalimu dengan kemampuan untuk memahami sistem informasi.
astro-astri-jurusan

Mata Kuliah

icon mata kuliah

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

icon mata kuliah

KONSEP DASAR PENGELOLAAN RMIK

icon mata kuliah

ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

icon mata kuliah

BIOSTATISTIK

icon mata kuliah

PRAKTEK BIOSTATISTIK

icon mata kuliah

Farmakologi

icon mata kuliah

Desain Formulir

icon mata kuliah

QUALITY ASSURANCE

icon mata kuliah

Praktek Desain Formulir

icon mata kuliah

Epidemiologi

icon mata kuliah

Perencanaan Anggaran Sarana Pelayanan Kesehatan

icon mata kuliah

STATISTIK SARANA PELAYANAN KESEHATAN

Kampus Terkait

Jurusan Terkait Rekam Medik

redesain-navbar Portlet