APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Lulusan Akper Dirgahayu Wajib Utamakan Kepedulian

avatar penulis

Fikha Ardiani

28 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

SAMARINDA-Perawat adalah suatu profesi yang mulia, karena memerlukan kesabaran dan ketenangan dalam melayani pasien yang sedang menderita sakit. Seorang perawat harus dapat melayani pasien dengan sepenuh hati. Karenanya, dihadapan 99 orang wisudawan, Direktur Akademi Keperawatan Dirgahayu Samarinda Bernarda Teting mengatakan alumni atau lulusan akper Dirgahayu wajib utamakan pelayanan dan kepedulian terhadap masyarakat yang memerlukan bantuan kesehatan.

Sebagai seorang perawat harus dapat memahami masalah yang dihadapi oleh klien, selain itu seorang perawat dapat berpenampilan menarik. Untuk itu seorang perawat memerlukan kemampuan untuk memperhatikan orang lain, ketrampilan intelektual, teknikal dan interpersonal yang tercermin dalam perilaku peduli atau kasih sayang,” katanya saat menghadiri wisuda akper Dirgahayu di Swissbel Hotel Borneo Samarinda, Kamis (25/8).

Perilaku peduli dan kasih sayang sangat penting karena akan memberikan kepuasan pada pasien sehingga diharapkan setiap perawat memahami dan mengaplikasikan dalam asuhan keperawatan. Selain itu perilaku kepedulian dapat mempengaruhi kualitas layanan kesehatan dan kepuasan pasien di rumah sakit, kualitas pelayanan menjadi penentu citra institusi pelayanan.

Perawat memberikan pengaruh besar untuk menentukan kualitas pelayanan. Perawat sebagai ujung tombak pelayanan terhadap pasien dan keluarganya di Rumah Sakit, karena frekuensi pertemuannya dengan pasien yang paling sering. Perawat diharapkan mampu memahami karakteristik pasien berdasarkan hal-hal yang bersifat pribadi sampai pada jenis penyakit yang diderita pasien,” pungkasnya. (cht)

 

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/lulusan-akper-dirgahayu-wajib-utamakan-kepedulian/