redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Wanita Praktisi Pendidikan Perhotelan yang Gigih

avatar penulis

nurzubai ca

7 September 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dalam penjelasannya kepada Minangkabaunews.com, Selasa (29/5/2018), guna memacu kehidupannya, Ia lalui berbagai rintangan dan tantangan, setamat di bangku Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Bukittinggi tahun 2005 mengikuti lomba Program Keahlian Penjualan dan mengharumkan nama Sumatera Barat tahun 2005 dengan menduduki peringkat ke-5 dan mewakili Sumatera Barat ke tingkat Nasional di Bali.

Energik dalam keseharian, seakan tak puas dengan ilmu yang didapatnya, mendapatkan Beasiswa dari Pemerintah untuk melanjutkan pendidikannya mengambil Diploma IV (D.IV) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta Jurusan Akomodasi Perhotelan tamat tahun 2005 dengan predikat pujian.

Setelah lulus program Diploma IV, Rozi kembali ke kampung halaman menjadi seorang tenaga pengajar honorer di SMK Negeri 2 Kota Bukittinggi tahun 2009, tak berapa lama Rozi kembali lagi ke Ibu Kota Jakarta dan bekerja sebagai Account Receivable di PT. Bukitapit Bumi Persada Jakarta dan Room Division Manager di Sahati Hotel. Rozi pun tidak merasa puas dengan telah diraihnya D.IV, walhasil akhirnya mendapatkan beasiswa lagi dari Pemerintah untuk melanjutkan pendidikan Strata 2 (S2) Sekolah Pacsasarjana Universitas Sahid Jakarta, sejak duduk di SMK Negeri 2 Bukittinggi, Rozi berkeinginan mengabdi dan berbagi ilmu apa yang didapatnya dibangku pendidikan ke generasi penerus bangsa.

Terasa kerasan mengajar, sembari mengenyam pendidikan Strata 2 (S2) di Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta, selama satu tahun menjadi dosen luar biasa di Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta, yang dimulai dari tahun 2012 hingga 2013. Sekembali ke ranah Minang, sempat pula berniaga menjadi pedagang kaki lima di Pasar Aur Kuning Bukittinggi, boleh dikatakan wanita Minang ini besar di rantau Kota Metropolitan Jakarta, tapi tetap budaya ke Minangkabauan-nya melekat dalam dirinya.

Di ranah Minang, Rozi mengajar di Universitas Negeri Padang, Akademi Pariwisata Paramitha dan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) sampai kini, menjadi dosen Luar Biasa. Dia yang tak putus asa dalam perjuangan hidupnya, bak pepatah "Berakit-rakit kehulu, berenang-renang ketepian", dalam waktu yang bersamaan setelah lulus kuliah strata 2 (S2) Ia pun diterima di hotel bintang 4, yaitu Grand Rocky Hotel Bukittinggi sebagai Account Receivable dan Account Payable hingga tahun 2017.

Berkarya dan mengabdi merupakan satu rangkaian dalam kehidupannya, kini Ia menjadi dosen Tetap dan Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata di Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Assesor bidang perhotelan dan saat ini bersama suami membuka usaha bidang kuliner Pondok Ikan Bakar Kawa Janjang di Kota Bukittinggi.

Dengan mengemban visi dan misi dalam kehidupannya ialah menjadi pelaku pariwisata yang bermanfaat guna memajukan pariwisata Kota Bukittinggi, itupun dibuktikannya Rozi Yuliani, SST.Par, MM sebagai praktisi pendidikan perhotelan.