APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Akpelni Semarang Terus Mengalami Kemajuan

avatar penulis

nurzubai ca

23 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

SEMARANG, suaramerdeka.com – Beberapa waktu terakhir Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) terus mengalami kemajuan, satu diantaranya adalah telah memenuhi delapan standar, baik dari sisi sarana dan prasarana. Menurut Direktur Akpelni Capt Achmad Sulistyo MM MMar, delapan standar itu di antaranya, pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan pendidikan, pembiayaan pendidikan, kompetensi kelulusan, kurikulum, silabus bahan ajar, proses melaksanakan diklat dan penilaian pendidikan.

“Kami juga telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan visi misi yang diemban untuk turut serta memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa indonesia terutama pada bidang pendidikan utamanya pendidikan kepelautan,” kata Achmad saat menyampaikan sambutan dalam Wisuda Perwira Remaja dan Diploma III ke 41 tahun 2018 “Akpelni Siap Mengembangkan Pendidikan Tinggi Vokasi Bidang Maritim yang Unggul, Inovatif dan Inspiratif,” Jumat (4/5).

Akpelni dalam kesempatan tersebut mewisuda 150 taruna tetapi tidak semua wisudawan dapat hadir karena sebagian sudah bekerja dan berada di atas kapal. Akademi yang terletak di Jalan Pawiyatan ini sempai saat ini sudah meluluskan 6002 alumni.

“Kami meminta doa restu untuk Akpelni yang sedang mengupayakan perubahan bentuk menjadi Politeknik Bumi Akpelni dengan penambahan dua Progdi Sarjana Terapan Transportasi Laut,” tambahnya.

Sementara Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VI Jawa Tengah Prof Dr DYP Sugiharto MPd Kons menyatakan, dalam akslerasinya Akpelni telah melakukan berbagai kemajuan, di antaranya telah memiliki beberapa sarana laboratorium simulasi untuk praktek para taruna sebagai sarana dalam mendapatkan sertifikat keahlian. Progres lainnya yaitu akan terakreditasinya perguruan tinggi (APT) dengan raihan B.

“Kemajuan lainnya adalah mengenai pemberlakuan penomoran Ijazah Nasional (PIN) oleh Akpelni. Dengan aplikasi PIN ini akan terkoneksi langsung dengan Sistem Informasi Verifikasi Ijazah Elektronik (SIVIL),” tuturnya.