APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

IAIN Antasari Terima Bantuan Rp500 Miliar Bangun Kampus Baru

avatar penulis

Anggi Maulinda

31 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

IAIN Antasari Terima Bantuan Rp500 Miliar Bangun Kampus Baru

Jika tak ada aral, pembangunan kampus baru Institut Agama Islam negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin di kawasan Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, seluas 77 hektar akan dimulai 2018 mendatang.

"Dana pembangunan kampus IAIN Antasari di Guntung Manggis dari Islamic Developement Bank (IDB) sekitar Rp 500 miliar," kata Wakil Rektor IAIN Antasari Banjarmasin, Bidang Admum, Perencanaan, dan Keuangan, Sukarni, Kamis (9/2/2017).

Dengan dana Rp 500 miliar itu, sambungnya, cukup bagi IAIN Antasari membangun sebuah kampus yang ideal. Bantuan luar negeri dari IDB memang perlu proses untuk pencairannya. Namun, IAIN Antasari sudah dipastikan mendapatkan bantuan Rp 500 miliar dari dana IDB.

Proyek pembanguan kampus dengan dana IDB ini dengan sistem proyek multi jamak atau multiyears.

"Pembangunan kampus di luas lahan 77 hektare ini perlu waktu sekitar lima tahun," ujar Sukarni.

IAIN Antasari sendiri saat ini mengembangkan tiga lokasi kampus, yakni satu di Banjarmasin dan dua lokasi di Banjarbaru. Lokasi satu berada di IAIN Antasari Banjarmasin dengan luas sekitar 9 hektar.

"Untuk lokasi satu sudah padat dan agak susah dikembangkan. Makanya kita kembangkan lokasi dua di Banjarbaru," kata Sukarni.

Menurut Sukarni, lokasi dua berada di arah Cempaka, dekat gardu induk PLN dengan luasan sekitar 15 hektar. Untuk kampus IAIN Antasari lokasi dua ini sudah mulai dibangun dan nanti peruntukkann, untuk pusat-pusat pelatihan.

"Nanti di kampus lokasi dua akan kami bangun aula dan asrama. Dana pembangunan kampus lokasi dua ini dengan DIPA murni ABPN," kata Sukarni.

IAIN Antasari Banjarmasi, sambungnya, juga menerima hibah dari Pemprov Kalsel. Hibab, mulai prosesnya mulai tahun 2012 dan diserahkan hibah tanah pada 2105 silam dengan luasanya 47 hektare dan IAIN Antasari membeli tanah sendiri seluas 30 hektare.

"Kampus lokasi ketiga ini di kawasan Guntung Manggis, arah Trikora Banjarbaru," cetus Sukarni.

http://banjarmasin.tribunnews.com/2017/02/09/iain-antasari-terima-bantuan-rp500-miliar-bangun-kampus-baru