APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Studium Generale STAIN Sorong 2017 Bersama Pemerintah Propinsi Papua Barat

avatar penulis

Anita cahyaningrum

19 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Memaknai Studium generale adalah tradisi khas kehidupan kampus-kampus besar di Eropa dan Amerika yang tradisi ilmiahnya sudah mapan. Di Indonesia, studium generale atau sering diterjemahkan sebagai kuliah umum, semakin penting dilaksanakan di perguruan-perguruan tinggi sebagai penambah wawasan baru yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Begituhalnya di STAIN Sorong tradisi ini sudah dilaksanakan sejak Perguruan Tinggi ini beralih status menjadi Perguruan Tinggi Keislaman Negeri yang selalu disertai dengan orasi ilmiah.

Pelaksanaan kuliah umum tahun ini dihadiri oleh Pemerintah Propinsi Papua Barat oleh H. Musa Kumudi, M.Si (Asisten I Pemerintah Propinsi Papua Barat) mengangkat tema Arah dan Kebijakan Pemerintah Propinsi papua Barat dalam Pembinaan SDM diPapua Barat yang dilangsungkan di Aula Serbaguna STAIN Sorong 10.00/4/9/17

Sebagaimana dalam sambutan Wakil Ketua III bahwa Kuliah Umum atau dikenal dengan Studium Generale adalah bagian tradisi awal semester ganjil yang disertai dengan orasi ilmiah sebagai bentuk penyegaran dan landasan ilmu serta untuk membentuk mahasiswa yang berjiwa kritis etis dalam memasuki tahun ajaran baru. Ungkap Wakil ketua III

Ditempat yang sama Ketua STAIN Sorong Dr. Hamzah, M.Ag mengatakan bahwa Kuliah Umum menjadi penting dengan alasan kemasyarakatan yang menjadi bagian dari Kampus STAIN Sorong, ditambahkan olehnya yakni STAIN Sorong mendorong pemerintah dalam pengambilan kebijakan mesti dirasakan masyarakat secara umum dalam berbagai bidang. Begituhalnya dengan Kampus yang senantiasa siap mengawal arah dan strategis kebijakan pemerintah sehingga peran Perguruan Tinggi maupun lembaga pendidikan lainnya memiliki kontribusi terhadap pembangunan daerah terutama di Papua Barat.

Kemudian Ketua STAIN memaparkan beberapa program jangka pendek dan menengah dihgadapan ratusan peserta Kuliah Umum. Beberapa hal yang menjadi poin penting dalam pemaparan tersebut yakni, target kerjasama dengan sthekolder yang ada di Papua Barat terutama sektor Pendidikan dan Agama, hasil penelitian dosen terkait penelitian rekomendasi dan kebijakan sebagai bahan kajian dan literatur untuk pemerintah Propinsi Papua Barat, memdorong pembangunan inprastruktur, merealisasikan empat pilar STAIN Sorong serta mengharapkan restu pemerintah dalam proses alih status STAIN Sorong Ke IAIN yang akan datang. Demikian oleh Ketua.

Sementara pembukaan dan orasi ilmiah oleh Pemerintah Propinsi Papua Barat menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada STAIN Sorong dan dihadapan mahasiswa baru mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Propinsi Papua Barat telah menunjukkan kontribusinya dan perannya dalam meningkatkan pendidikan di Papua Barat. Kemudian dengan kuliah umum ini kami mengharapkan mahasiswa maupun para sarjana untuk tetap mengawal arah dan kebijakan pemerintah sebagai bentuk kita membangun bersama daerah ini terutama pada pembangunan SDM itu sendiri.

Dengan demikian Pembukaan Kuliah Umum secara resmi dibuka tahun akademik 2017/2018 dan sistem perkuliahan di STAIN Sorong akan berjalan sebagaimana yang telah dirumuskan dalam distribusi matakuliah sebelumnya.

 

Sumber : http://stain-sorong.ac.id/