redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Fakultas Pendidikan Bahasa IKIP Saraswati Tabanan, Mendunia

avatar penulis

Anggi Maulinda

14 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Setiap kampus, baik negeri maupun swasta memiliki program studi unggulan dan menjadi favorit siswa yang akan melanjutkan pendidikan. Sebut saja salah satunya, IKIP Saraswati Tabanan yang terkenal telah meluluskan ratusan mahasiswa dengan berbagai jurusan dan banyak diantaranya menjadi guru yang berprestasi. Kampus yang berlokasi di Jalan Pahlawan ini dikenal memiliki Fakultas Favorit yaitu Fakultas Pendidikan Bahasa yang saat ini memiliki mahasiswa 350 orang.
Seperti dituturkan Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa IKIP Saraswati Tabanan, Dr. Drs. I Nyoman Suaka, M.Si, prestasi yang berhasil diperoleh oleh Fakultas Bahasa ialah juara Duta Bahasa Provinsi Bali dan Dosen Berprestasi II Kopertis. Keunggulan lainnya, berhasil mengelola program Darma Siswa Republik Indonesia hasil kerjasama IKIP Saraswati dan Kementerian Bidang Perencanaan Kerjasama Luar Negeri.
“Program Mahasiswa asing ini berlangsung sejak tahun 2006-2007, dengan Mahasiswanya yang berasal dari berbagai Negara, diantaranya: Amerika, Inggris, Polandia, Cikoslawaqia, Australia, Rusia, dan Norwegia. Mereka para Mahasiswa asing sangat tertarik dengan Bahasa Indonesia dan Kebudayaannya” Ujar pria kelahiran Bongan Pala, 31 Desember 1962 ini.
Disamping melaksanakan kegiatan rutin, Fakultas Pendidikan Bahasa pada April mendatang bekerja sama dengan Asosiasi Tradisi Lisan Indonesia Cabang Bali akan menyelenggarakan seminar nasional. Seminar ini akan menghadirkan pembicara utama dari Universitas Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Udayana, IHD, UNDIKSA, dan dari IKIP Saraswati sendiri.
Prestasi ini tentu tidak terlepas dari tangan dingin dan kesabaran sang Dekan yang menjabat sejak 1 April 2010. Sebelumnya suami Nyoman Soca Sunarmi ini menjabat Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa. Selain menjadi dosen, ayah dua anak ini sejak 2066 juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SMA Saraswati 1 Tabanan. Ia mengatakan, melihat prestasi yang berhasil dicapai, dalam waktu dekat Fakultas Pendidikan Bahasa akan menbuka jurusan baru yaitu Pendidikan Bahasa Inggris.
“Saat ini sedang berproses mencapai tahap kelima dan diharapkan pada tahun pelajaran 2013-2014 ini ijinnya sudah keluar” Jelasnya.
Disebutkan, Fakultas Pendidikan Bahasa memiliki 17 dosen pengajar, yaitu 13 dosen kopertis, dan 4 oang dari yayasan, serta ada tambahan dosen honor sebanyak 2 oarang. Dari ke 17 dosen tersebut 4 orang bergelar doctor, 1 orang guru besar, 8 oarang S2 dan sisanya ada yang masih melanjutkan pendidikan S3.
Ditanya bagaimana kesannya menjadi dekan fakultas favorit, ia mengaku cukup menyenangkan karena bisa bergaul dengn dosen dan mahasiswa sehingga dapat menambah wawasan, walaupun disibukkan dengan hal-hal yang bersifat administrasi.
“Dukungan pihak kampus dan seluruh mahasiswa adalah kunci sukses keberhasilan program-program yang direncakana” Tandasnya. (Uni)
https://www.jayapos.com/index.php/read/85/Fakultas-Pendidikan-Bahasa-IKIP-Saraswati-Tabanan-Mendunia.html