APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Begini Antusias Peserta UTBK-SNBT 2024 di Kampus IPB Dramaga

avatar penulis

Kartika Putri

2 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 di IPB University dipenuhi semangat dan antusias peserta. Tampak para peserta ujian sesi pagi sudah datang di lokasi sejak pukul 05.00 pagi, bahkan ada yang sudah datang sejak pukul 04.00 pagi untuk menghindari kemacetan.

Para peserta datang dengan penuh percaya diri dan optimis. Beberapa dari peserta ujian datang bersama teman ataupun diantar orang tuanya. Para orang tua terlihat untuk mendukung ataupun menunggu anaknya yang sedang mengikuti ujian.

Bermacam respon diberikan oleh peserta UTBK-SNBT di lokasi Kampus IPB Dramaga. Kayla Zika, peserta asal Cibinong mengaku bahwa ujian yang sudah diikutinya berjalan tanpa halangan.

“Ujian berjalan dengan lancar karena fasilitas yang memadai di sekitar lokasi ujian. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap serta kondisi ruangan ujian yang rapi dan sejuk sehingga membantu saya fokus selama ujian. Selain itu petugas yang informatif membantu saya sebelum pelaksanaan ujian,” ujar Kayla.

Hal yang sama juga disampaikan Mariandin. Ia menambahkan bahwa panduan yang tersebar dari gerbang depan bisa membantunya menemukan lokasi ujian. “Petunjuk yang disebar di sekeliling kampus memudahkan saya mencapai lokasi ujian,” ucapnya.

Mariandin berkata, panduan yang diberikan cukup jelas hingga dirinya bisa langsung menemukan lokasi ujian. Ia mengatakan kondisi sekitar kampus bersih juga bisa memanjakan mata.

Pelaksanaan UTBK di IPB University didukung oleh 45 personel tim teknis dengan berbagai tugas. Tim teknis tersebut terdiri dari teknisi listrik, air, dan AC sebanyak 7 orang, sopir bus keliling 10 orang, sopir mobil listrik 2 orang, satpam 14 orang di sekitar lokasi ujian, petugas parkir 6 orang, dan petugas kebersihan toilet sebanyak 3 orang.

Tahun ini, sebanyak kurang lebih 16 ribu peserta akan ikuti UTBK – SNBT di IPB University. Tes UTBK – SNBT 2024 terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika. Waktu yang diberikan untuk pengerjaan seluruh soal UTBK – SNBT 2024 adalah 195 menit. (Frans/Lp)

Sumber : Berita Terkini IPB