redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

IPB University Jalin Kerjasama dengan CWMA untuk Sertifikasi Keahlian di Bidang Wealth Management

avatar penulis

Azrul Prayoga

14 February 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

IPB University melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Certified Wealth Managers Association (CWMA) di Kampus IPB Dramaga, Bogor (27/1). Penandatanganan MoU dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof Dr Dodik Ridho Nurochmat dan Desi Armadiani, Sekretaris General CWMA disaksikan oleh sejumlah pejabat kedua institusi.

CWMA adalah sebuah asosiasi independen yang merupakan lembaga nirlaba yang keanggotaannya tidak hanya terbatas pada profesional di bidang perbankan melainkan juga di bidang asuransi, pasar modal, perpajakan dan warisan. Akibat semakin banyaknya permintaan masyarakat untuk mengelola dana dalam jumlah besar memunculkan profesi baru, wealth manager. Wealth Manager adalah profesional yang ahli dalam bidang pengelolaan kekayaan (wealth management). Wealth management lebih banyak berkaitan dengan pengelolaan keuangan pribadi (personal finance) ketimbang pengelolaan keuangan perusahaan (corporate finance). Wealth management ini merupakan suatu proses yang terus berkembang mengikuti dinamika kehidupan manusia.

Hampir di seluruh institusi keuangan bonafit seperti, bank, asuransi, sekuritas, dana pensiun, warisan, fund manajer, menyediakan layanan wealth management.

Prof Dodik Ridho Nurochmat menaruh harapan besar terhadap kerjasama ini. “Kerjasama ini kita harapkan dapat memberikan kebaikan tidak hanya bagi mahasiswa, tapi juga untuk penelitian dosen. Dengan di tandatanganinya kerjasama ini perlu adanya sosialisasi ke mahasiswa bahwa mereka bisa mengambil sertifikasi profesi di CWMA ini, “ jelas Prof Dodik.

Hal serupa disampaikan Desi Armadiani. Ia menyampaikan bahwa saat ini persaingan dunia makin ketat. Disrupsi di berbagai bidang membutuhkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) yang unggul dan berdedikasi. “Untuk mewujudkan kualitas SDM yang unggul di bidang wealth management, CWMA terus berupaya untuk melakukan kolaborasi dan bekerjasama dengan lembaga pendidikan di Indonesia, “ katanya.

(ipb.ac.id)