APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

SKHB IPB University Diskusikan Kedokteran Akuatik Bersama Pakar Michigan State University

avatar penulis

Kartika Putri

20 February 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Satwa akuatik memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Hewan-hewan ini menyediakan sumber-sumber penting bagi manusia seperti makanan, obat-obatan dan bahan mentah. Kehidupan di bawah laut memainkan peran besar dalam peradaban manusia, tetapi studi tentang perlindungan perbatasan ini sebagian besar diabaikan oleh masyarakat internasional.

Oleh karena itu, dua unit kerja di IPB University yaitu Direktorat Konektivitas Global dan Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) serta Global Health Agromaritime and One Health Collaborating Center (GHAOHCC) bekerjas sama adakan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dalam studi kedokteran akuatik (aquatic medicine). Acara ini merupakan bagian dari kolaborasi antara IPB University dan Michigan State University (MSU), Amerika Serikat di bawah konsorsium AsiaHub.

Bartolomeo Gorgoglione, seorang ilmuwan yang diakui secara internasional yang berdedikasi dalam bidang patobiologi dan imunologi ikan, mengadakan diskusi dengan seluruh unsur akademik, baik mahasiswa maupun dosen. Bartolomeo, yang pernah menjabat presiden World Veterinary Aqautic Veterinary Medical Association (WAVMA), menjelaskan tentang manfaat pendirian WAVMA Student Chapter di IPB University dan peluang pendidikan di masa depan sebagai anggota WAVMA.

Bartolomeo juga memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa dan dosen mengenai peluang karir internasional dalam penelitian patogen ikan. Ia menutup sesinya tentang program penelitian kedokteran hewan akuatik yang tersedia untuk mahasiswa kedokteran hewan yang ingin mengejar pengalaman lebih lanjut dalam kedokteran hewan akuatik.

“Sangat sejalan dengan keilmuan yang kami minati, yaitu hewan akuatik. Diskusi ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi para angggota Himpunan Profesi (Himpro) Hewan Kesayangan dan Satwa Akuatik Eksotik (HKSA) untuk membahas kedokteran akuatik bersama pakarnya. Dengan diskusi ini, kami merasa terbuka wawasan dan relasi ke depan mengenai aquatic medicine yang saat ini masih minim di Indonesia,” ujar Ketua Himpro HKSA, Athaya Sekar Ramadhani, pada 12/2.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari berbagai kegiatan kolaborasi antara IPB University dan MSU’s AsiaHub. Kolaborasi ini akan memperkuat komitmen bersama dalam memajukan kemitraan di seluruh Asia dan dunia untuk mengatasi tantangan global. Terutama tantangan dalam bidang pangan, pertanian, pendidikan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, kesehatan dan gizi, lingkungan, air dan energi.

 

Sumber : Berita IPB