APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Dosen ISI Surakarta Ikuti Pameran Seni kontemporer Indonesia di Bulgaria

avatar penulis

ifaroh ifaroh

21 July 2019

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dalam rangka promosi budaya dan industri kreatif Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sofia mengadakan pameran seni kontemporer Indonesia di Galeri Nasional Bulgaria dari tanggal 9 Juli 2019 hingga 1 September 2019. Salah seorang Dosen Seni Rupa Institut Seni Indonesia Surakarta Theresia Agustina Sitompul (Tere) menjadi bagian dari pameran yang berjudul Synthesis tersebut. Seniman Indonesia lainnya yaitu Dita Gambiro, Citra Sasmita, Etza Meisyara, Elia Nurvista, Natasya Tontey, Sri Astari Rasjid, Yudi Sulistyo, Ivan Sagito, dan Bambang “Toko” Witjaksono, serta melibatkan juga lima orang seniman bulgaria, yaitu Victoria Petrova, Daniela Todorova, Krum Yankov, Katelina Kancheva, dan Chudomir Dragnev.
Menurut Kurator Pameran, Citra Smara Dewi, karya-karya yang dipamerkan mewakili berbagai elemen seni kontemporer, mulai dari lukisan, instalasi, hingga video art. Karya-karya tersebut menyuarakan berbagai tema mulai dari hal sederhana yang dijumpai sehari-hari, hingga isu lingkungan, dan masa depan. Dalam sambutannya Menteri Kebudayaan Bulgaria memberikan apresiasinya kepada inisiatif tim Indonesia untuk pameran. Jarak geografis yang jauh antara Bulgaria dan Indonesia bukan halangan untuk dialog dan kerjasama kedua negara khususnya di bidang kebudayaan.
Pujian dari pengunjung tidak hanya untuk pengorganisasian pameran, namun juga untuk karya-karya yang dipamerkan baik oleh seniman Indonesia maupun seniman Bulgaria –membuktikan bahwa seni merupakan bahasa universal yang dapat menyatukan manusia dari berbagai latar belakang.
Dubes RI di Sofia, Sri Astari Rasjid menyampaikan bahwa pameran ini dalam rangka memperingati 63 tahun hubungan diplomatik RI-Bulgaria, sekaligus wujud konkrit pelaksanaan MoU Kebudayan kedua negara.[humasisiska, dari berbagai sumber]

Sumber:https://isi-ska.ac.id