APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

DTI ITB Perkenalkan Teknologi Informasi ITB untuk Mahasiswa Baru pada PMB 2023

avatar penulis

Merriam Merriam

14 August 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

BANDUNG, itb.ac.id – ITB menyelenggarakan Rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) untuk calon mahasiswa Program Sarjana jalur Seleksi Mandiri (SM), Afirmasi & Kelas Internasional. Kegiatan PMB ini terdiri atas 8 sesi. Sesi pertama yaitu Pengenalan Teknologi Informasi yang dilaksanakan pada Senin (31/07/2023) secara daring.

Direktorat Teknologi Informasi (DTI) ITB menjadi narasumber pada sesi ini, diwakili oleh Direktur Teknologi Informasi, Mugi Sugiarto, S.Si., MAB.; Kepala Sub Direktorat Operasional dan Layanan Teknologi Informasi, Ario Sutomo, S.Kom., M.T.; serta Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Teknologi Informasi, Katini, S.T., M.T. Agenda ini dipandu oleh Duta Kampus ITB 2023 bidang Duta Wirausaha, Ghifalda Annisa Desomsoni (Kewirausahaan 2024).

Materi diawali dengan pengenalan ITB Account sebagai satu-satunya akun untuk mengakses Layanan Teknologi Informasi yang ada pada jaringan kampus ITB. “Layanan-layanan yang dimaksud antara lain email, wifi, Single Sign On (SSO), Virtual Private Network (VPN), dan Microsoft 365 Apps,” jelas Mugi.

Lebih lanjut, para narasumber menjelaskan masing-masing layanan dimulai dari email. Seluruh mahasiswa baru ITB akan mendapatkan satu ITB Account yang juga berfungsi sebagai alamat email. Selanjutnya untuk akses WIFI, SSID yang disediakan ITB untuk mahasiswa yaitu ITB Hotspot dan Eduroam. Ario memaparkan bahwa ITB Hotspot ditujukan untuk akses intranet dan internet, sedangkan eduroam untuk akses internet dan roaming internasional yang dapat digunakan di semua institusi yang mendukung Eduroam (baik institusi di dalam maupun luar negeri).