APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

ITB Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024

avatar penulis

Kartika Putri

2 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 di halaman Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari 64, Bandung pada Kamis (2/5/2024).

Upacara ini diikuti oleh jajaran pimpinan dan civitas academica ITB dengan melibatkan Resimen Mahasiswa (Menwa) dan mahasiswa sebagai pasukan pengibar bendera.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., bertindak sebagai pembina upacara. Dalam kesempatan ini, beliau membacakan naskah pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim dengan tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” ujarnya.

Masyarakat diingatkan kembali mengenai tantangan yang tak pernah terbayangkan oleh Indonesia dalam bidang pendidikan, ketika dunia dihadapkan dengan pandemi. Dampak yang ditimbulkan mempengaruhi perubahan proses pembelajaran secara drastis.

“Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat,” lanjut Prof. Jaka.

Pandemi yang mulai berangsur membawa Indonesia menuju langkah yang serempak dan serentak dalam menyambut wajah baru pendidikan dan kebudayaan melalui gerakan Merdeka Belajar.

“Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,” ujar Mendikbudristek.

Selama lima tahun, Program Merdeka Belajar sudah berjalan menuju arah yang benar, meskipun tugas ini masih belum selesai. Semua yang telah berjalan harus kembali diteruskan sebagai suatu gerakan yang berkelanjutan, sebagai perjalanan ke arah perwujudan pendidikan yang seluruh masyarakat Indonesia cita-citakan.

Pidato Hardiknas kali ini diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada masyarakat dari Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, di akhir masa jabatannya, serta harapan agar Program Merdeka Belajar dapat terus dilanjutkan oleh para penggerak perubahan, untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.

Reporter : Mely Anggrini (Meteorologi, 2022)

Sumber : Berita Terkini ITB