APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Tim Mahasiswa ITB Juara 1 Nasional Geoscience Gigantic Competition UI 2023

avatar penulis

Merriam Merriam

9 January 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Tiga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), menjadi juara 1 studi kasus pada kompetisi Geoscience Gigantic Competition UI 2023, yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Departemen Geosains Universitas Indonesia, Sabtu (9/12/2023).

Ketiga mahasiswa ITB tersebut adalah Miftahul Janna Nurul Azizah (12020007), Rismawan Nurhuda (12020046), dan Muslimah Faqih Mumtazih (12021060). Mereka tergabung dalam tim bernama Nicholson.

Tahun ini studi kasusnya bertema “Sustainable Shifts: Chronicles of Indonesia’s Transformation from Fossil Fuels to Clean Energy”.

Terdapat tiga tahapan dalam lomba ini, yaitu seleksi esai, seleksi full paper, dan presentasi study case.

Di tahap awal, tim membuat esai terkait panas bumi yang lokasinya disesuaikan dengan pilihan masing-masing kelompok. Hasil yang diberikan adalah esai mengenai potensi geotermal, teknik yang digunakan, dan pengembangannya sebagai pengganti bahan fosil.

Pada tahap selanjutnya, tim membuat paper terkait kasus panas bumi di suatu wilayah kerja panas bumi di Jawa. Di fase ini, tim melakukan analisis kelayakan proyek pembangkit listrik panas bumi, baik dari sisi teknis dan nonteknis. Hasil analisis menunjukkan daerah tersebut layak untuk dikembangkan.

“Kendalanya karena kita hanya diberikan data yang ada saja sehingga ada keterbatasan dalam pengolahan data, namun semaksimal mungkin data tersebut diolah dan dianalisis,” ujar Miftahul Janna Nurul Azizah.

Pada tahap akhir, yaitu presentasi, tim ini mempersiapkannya dengan matang. Analisis yang dibawakan disajikan dengan menarik. Hal ini yang membuat poin tim di fase presentasi sangat baik.

“Perlombaan GGC UI 2023 kemarin menjadi kesempatan untuk lebih memahami lingkup keilmuan Geologi terutama geotermal sebagai energi terbarukan yang besar potensi pengembangannya di negeri ini. Terima kasih banyak untuk Tim Nicholson, semoga semakin banyak lagi wadah untuk berkarya dan prestasi yang dapat diraih rekan-rekan mahasiswa Teknik Geologi ITB,” ucap Muslimah Faqih Mumtazih.

Reporter: Yohana Aprilianna (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021)