redesain-navbar Portlet

redesain-kampus-pintar Portlet

Politeknik Darussalam Perkuat Skill Mahasiswa Melalui Japan Culture

Anggi Maulinda

23 November 2018 0 Komentar

Image Article

Politeknik Darussalam mendatangkan Hasanudin Abdurakhman yakni seorang cendekiawan, penulis dan kini menjadi profesional di perusahaan Jepang di Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk memperkuat pendidikan mahasiswa tidak hanya pada sisi akademis, tetapi juga dpada sisi in house training sebagai bekal didunia kerja.

Program rutin yang dijalankan dalam tiap semester ini, untuk mendorong mahasiswa bisa mengetahui dan memahami tentang pentingnya manajemen kerja dan mencontoh disiplin kerja ala Jepang. Hal ini bertujuan untuk mengatur, menyusun sumber daya manusia  yang lebih efektif dan efisien.

Ketua Pelaksana Sekaligus Dosen Politeknik Darussalam Sri Porwani S.E, Msi mengatakan kegiatan ini diadakan agar bermanfaat bagi mahasiswa. Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa mampu memberikan teladan kepada mahasiswa tentang kedisiplinan.

“Tujuannya agar mahasiswa termotivaai menyelesaikan pendidikannya tepat waktu. selain itu mengajarkan kepada mahasiswa Politeknik Darussalam dalam mempersiapkan di dunia kerja,’ katanya.

Sementara itu, Hasanudin Abdurakhman sebagai pembicara mengatkan Jepang merupakan salah satu Negara maju di dunia, terutama di Asia. Jepang terkenal sebagai bangsa yang punya disiplin tinggi. Orang jepang juga dikenal dengan kreativitasnya.

“Kalau kita mau menyebutnya sebagai budaya, boleh saja. Nmaun yang penting kita ingat, bahwa perilaku itu bisa dimiliki siapa saja, bukan hanya orang Jepang. Tidak salah jika jiwa detail dan hasrat tinggi merupakan kunci keberhasilan orang Jepang. Keberhasilan orang Jepang patut untuk ditiru,” katanya.

Setiap orang di dunia pasti mempunyai sebuah manajemen untuk mampu hidup dengan teratur dan baik. Begitu pula dengan orang di Jepang, pasti memiliki sistem manajemen yang berbeda dengan orang di Indonesia.

Perusahaan-perusahaan Jepang menerapkan sistem penataan tempat kerja dengan konsep seiri, seiton, seiso, seiketsu, shitsuke, yang dikenal dengan istilah 5S. Konsep ini dipakai di berbagai negara, termasuk Indonesia. Artinya, perilaku tertib, bersih, tepat waktu, dan sebagainya adalah sesuatu yang bisa dilatih dan menjadi kebiasaan.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan kegiatan yang efektif dengan tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir dan sesuai jadwal.

Seminar ini diikuti oleh mahasiswa/mahasiswi, dosen, serta staff management kampus Politeknik Darussalam. “Kami sangat antusias sekali dengan paparan dan pengalaman dari bapak Hasannudin, semoga kami juga bisa menerapkannya ” ujar seorang mahasiswa usai mengikuti seminar tersebut.

Manfaat nyata dari kegiatan ini dapat menerapkan disiplin dalam berkuliah hingga menyellesaikan perkuliahan  serta mempersiapkan mahasiswa untuk nantinya dapat memposisikan diri dengan profesional,memiliki semangat organisasi dan kreatif serta peka terhadap dinamika tantangan dunia kerja nanti.

“Mempersiapkan dan mengajarkan kepada mahasiswa untuk profesional dalam dunia kerja serta memiliki semangat organisasi dan kreatif. Kemudian peka terhadap dinamika tantangan dunia kerja nanti,” katanya.

Politeknik Darussalam adalah perguruan tinggi swasta berada di kota Palembang. Berdiri sejak tahun 2000, beralamat di jalan Basuki Rahmat No.1608 e-f Simpang Polda Palembang. Pendidikan ini juga sebagai salah satu member of

Prasettya Mandiri Group yang diprakarsai Direktur Eksekutif Bapak DR.H.Suheriyatmono.,S.E.,M.M.Ak.,CA.

Kampus Politeknik Darussalam adakan in house training Japan Culture And Management Skill Attitude and Competency.

Politeknik Darussalam Masuk Peringkat ke-16 dar 274 Politeknik terbaik dan terfavorit diseluruh Indonesia berdasarkan SK Menteri Riset Teknologi & Pendidikan Tinggi Tahun 2015.

Program  Studi Unggulan yaitu: D4 Administrasi Bisnis Internasional, D3 Usaha Perjalanan Wisata dan D3 Akuntansi  yang telah Terakreditasi (B).

Sistem belajar dengan Kurikulum 40% teori dan 60% praktek yang kami adopsi akan membuat mahasiwa atau calon pekerja memiliki keahlian professional seperti yang dituntut dunia kerja.

Belum banyak lembaga pendidikan yang concern dengan pentingnya softskill  & Hardskill bagi mahasiswanya. Politeknik Darussalam adalah l perguruan tinggi yang menitikberatkan pendidikan mahasiswanya tidak hanya dari sisi akademis tetapi juga dari sisi soft skill & Hardskill sebagai bekal didunia kerja.

IST – Politeknik Darussalam adakan in house training Japan Culture And Management Skill Attitude and Competency.

“TIDAK SEKEDAR KULIAH” Konsep ini kami berikan kepada mahasiwa dalam rangka pembentukan Attitude yang baik yang dikemas dalam 3 modul Character Building yaitu self indenfication, Capability Acceleration dan Drive Your Future yang akan dipandu oleh Trainer Profesional yang handal, serta kami pula memberikan keahlian Leadership, Managerial skill dan keahlian berkomunikasi dalam bahasa inggris yang aktif agar diharapkan dengan program ini mahasiswa mampu memposisikan diri dengan professional, peka terhadap dinamika tantangan dunia kerja, serta memiliki semangat organisasi dan kreatif.

Dengan demikian, sudah seharusnya mahasiswa menyadari betapa pentingnya hardskill dan softskill untuk kehidupan yang lebih baik. Jika ini disadari oleh setiap mahasiswa, maka lulusan akan lebih baik dan dengan sendirinya mahasiswa akan menjadi mahasiswa yang unggul dan berkarakter serta siap menghadapi persaingan kerja di era globalisasi saat ini. 

komentar

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp