redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

WORKSHOP PENGUATAN DAN PEMBENTUKAN ASESOR BKD POLTEKKES KEMENKES DENPASAR TAHUN 2018

avatar penulis

Azizul Pradna Qoidani

27 February 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

WORKSHOP PENGUATAN DAN PEMBENTUKAN ASESOR BKD POLTEKKES KEMENKES DENPASAR TAHUN 2018

 

Dosen adalah salah satu komponen esensial dalam suatu sistem pendidikan di Perguruan Tinggi. Peran, tugas, dan tanggungjawab dosen sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Tujuan tersebut, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab. Untuk melaksanakan fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis tersebut, diperlukan dosen yang profesional.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Seorang dosen dinyatakan sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kompetensi Dosen menentukan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi sebagaimana ditunjukkan dalam kegiatan profesional dosen. Untuk menjamin pelaksanaan tugas dosen berjalan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan maka perlu dievaluasi setiap periode waktu yang ditentukan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Poltekkes Denpasar melaksanakan kegiatan Workshop Penguatan dan Pembentukan Asesor Beban Kerja Dosen (BKD) di lingkungan Politeknik Kesehatan Denpasar Tahun 2018. Kegiatan Workshop ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu pada tanggal 22 sampai dengan 23 Februari 2018 yang dilaksanakan di Auditorium Poltekkes Denpasar. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Prof.Dr.Ir. Djoko Kustono. Beliau adalah Guru Besar dari Universitas Negeri Malang.

  Adapun tujuan kegiatan Workshop Penguatan dan Pembentukan Asesor BKD Poltekkes Denpasar adalah :

  1. Untuk menyamakan prinsip dan persepsi para asesor dalam memberikan penilaian terhadap Laporan Kinerja Dosen.
  2. Membentuk calon asesor yang mempunyai kesamaan prinsip dan persepsi sesuai dengan Pedoman Penghitungan Kinerja Dosen.

Kegiatan workshop ini meliputi pemaparan materi dari narasumber dengan topik Regulasi dan Implementasi Assesment BKD, Implementasi Tunjangan Dosen Profesional dan Kehormatan, Rubrik BKD, serta Cara Menggunakan Link Aplikasi Laporan Kinerja Dosen Versi 2017.

Acara dimulai pukul 08.00 WITA, yang diawali dengan laporan ketua panitia selanjutnya acara sambutan sekaligus pembukaan oleh Direktur Poltekkes Denpasar yang diwakili oleh PUDIR I Poltekkes Denpasar. Setelah sesi sambutan, dilanjutkan penyampaian materi workshop serta diskusi oleh narasumber sampai dengan pukul 12.00 WIB, kemudian dilanjutkan ishoma. Sesi berikutnya adalah materi mengenai cara menggunakan aplikasi pelaporan BKD versi 2017 dan Rencana Tindak Lanjut oleh para peserta workshop. Peserta dalam workshop ini berjumlah 39 orang yang berasal dari 20 orang dosen yang sudah berstatus sebagai asesor BKD (sudah memiliki NIRA) dan 19 orang dosen sebagai calon Asesor BKD Poltekkes Denpasar. Pembiayaan dalam kegiatan ini bersumber dari anggaran DIPA Poltekkes Denpasar.