APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Sosialisasi Harmonisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga

avatar penulis

Anisa estu murbawani

7 April 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Jakarta, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. GERMAS dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan juga turut mengkampanyekan kegiatan GERMAS tersebut dengan melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Sosialisasi dan Harmonisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) pada tanggal 9 Maret 2018 yang bertempat di One Belpark Mall. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta II, Camat Kecamatan Cilandak, Lurah Kelurahan Pondok Labu dan Lebak Bulus, Kepala Puskesmas Kecamatan Cilandak, Kepala Puskesmas Kelurahan Pondok Labu, perwakilan mitra (RS/ RUSD/RSUK), ibu kader posyandu/posbindu, dan guru TK/PAUD di wilayah Kelurahan Pondok Labu dan Lebak Bulus. Hadir pula narasumber dalam kegiatan ini anggota Komisi IX DPR RI yakni Ibu Dra. Hj. Okky Asokawati, Msi dan Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Bapak drg. Usman Sumantri, M.Sc.

Dalam sambutannya, Bapak drg. Usman Sumantri, M.Sc menjelaskan bahwa GERMAS membutuhkan dukungan seluruh lapisan masyarakat, lintas kementerian dan lintas sektor baik pemerintah pusat dan daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat, untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat. Ibu Dra. Hj. Okky Asokawati, MSi memaparkan bahwa GERMAS merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

Disela-sela kegiatan seluruh peserta diajak untuk makan buah bersama dan senam peregangan sebagai wujud dari GERMAS dan diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama untuk selalu berperilaku hidup sehat.

 

sumber: https://www.poltekkesjakarta1.ac.id/