APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kerja Sama dengan Australian National University

avatar penulis

Anisa estu murbawani

7 April 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Australian National University (ANU) sebagai penerima dana penelitian dari National Health and Medical Research Coouncil (NHMRC) dalam proyek penelitian : The effectiveness, acceptability and cost effectiveness of the “BALatrine” : a culturally latrine intervention in resource limited environment, menggandeng Poltekkes Kemenkes Semarang khususnya Jurusan Analis Kesehatan dan Jurusan Kesehatan Lingkungan sebagai mitra penelitian. Selain Poltekkes Semarang, ANU juga bekerja sama dengan Yayasan Wahana Bakti Sejahtera (YWBS).
Kerja sama tersebut tertuang dalam Letter of Agreement yang ditandatangani Professor Lyndall Strazdines dan Direktur Poltekkes Semarang. Adapun peran Poltekkes Semarang dalam kerja sama tersebut adalah mengelola kegiatan laboratorium yang berkaitan dengan pengambilan sampel feses yang dikumpulkan oleh YWBS, QIMRB dan ANU (penyimpanan, dan analisis mikroskopis). Selain itu, Poltekkes Semarang juga menyediakan fasilitas laboratorium dan staf ahli untuk memeriksa analisis mikroskopik sampel feses, membantu ANU dan YWBS untuk merekrut staf untuk analisis mikroskopis dan kolaboratsi untuk menyusun karya ilmiah untuk diserahkan kepada tim internasional.

Proses pengambilan sampel feses dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan (Kampus Purwokkerto), sedangkan proses analisis dan penyimpanan sampel feses dilakukan di laboratorium Jurusan Analis Keshatan. Sebelum proses pengambilan dan penhyimpanan sampel, ANU memberikan workshop kepada Jurusan Kesehatan Lingkungan tentang proses pengambilan data dan proses pemeriksaan dan analisis di Jurusan Analis Kesehatan.

 

sumber: http://www.poltekkes-smg.ac.id