APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, 6 Politeknik Terima Bantuan

avatar penulis

Fikha Ardiani

15 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

BANDUNG - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan ( Belmawa) menyerahkan hibah peralatan kepada enam Politeknik Swasta. Penyerahan diakukan di Kampus Politeknik Pos Indonesia Bandung, Senin (12/3/2018).

Enam politeknik tersebut yaitu Politeknik Caltex Riau, Politeknik Atmi Surakarta, Politeknik LPP Yogyakarta, Politeknik Mekatronika Sanata Dharma dan Politeknik Perdamaian Halmahera.

Sumber dana berasal dari loan Asian Develpoment Bank (ADB) melalui proyek pengembangan pendidikan politeknik atau Polytechnic Education Development Project (PEDP).

Direktur Jenderal Belmawa Kemristekdikti Prof. Intan Ahmad, Ph.D berharap dengan adanya hibah aset ini diharapkan dapat menjadi stimulus dalam mengembangkan pendidikan vokasi yang lebih berkualitas di kampus masing-masing. Selain itu, diharapkan juga dapat menghasilkan lebih banyak lagi tenaga kerja terampil dan kompetitif termasuk entrepreneur yang dibutuhkan bagi pembangunan ekonomi Indonesia sekaligus dalam rangka menekan angka pengangguran dan ketidakstabilan ekonomi.

 

"Sebuah politeknik harus disiapkan memiliki sistem pembelajaran yang kuat dalam pembentukan karakter dan profesionalisme, dilengkapi dengan peralatan pendukung (kegiatan praktik) yang memadai, juga tenaga pengajar yang mampu membimbing mahasiswa menjadi terampil melalui proses pembelajaran dengan media yang efektif sehingga akan meningkatkan kualitas pendidikan vokasi (politeknik) di Indonesia," ujar Intan Ahmad dalam siaran persnya.

Intan menjelaskan, bentuk hibah diwujudkan pada peningkatan sarana dan prasarana praktek dan keterampilan, baik berupa aset peralatan dan perlengkapan laboratorium/bengkel, peralatan IT-multi media, renovasi laboratorium/bengkel/ruang kuliah/penunjang pembelajaran, dan sebagainya yang dimanfaatkan untuk mendukung optimalisasi kegiatan pendidikan di kampus.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Manajer Proyek PEDP, Perwakilan dari Asian Development Bank serta Pimpinan 6 Politeknik Swasta penerima hibah beserta yayasan.

(sus)

https://news.okezone.com/read/2018/03/12/65/1871585/tingkatkan-kualitas-pendidikan-vokasi-6-politeknik-terima-bantuan