APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Mahasiswa STAI Darul Hikmah Syiarkan Islam melalui Youtube

avatar penulis

Anggi Maulinda

11 October 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Hikmah Aceh Barat yang dikenal sebagai satu-satunya kampus di Barat Selatan Aceh yang memadukan konsep pendidikan dayah & perguruan tinggi memiliki berbagai inovasi untuk memberdayakan mahasiswanya.

Diantara inovasi tersebut adalah kegiatan syi’ar Islam melalui Youtube. Tgk Edi Supriyanto, salah satu pengurus STAI Darul Hikmah menjelaskan bahwa program ini sebagai bentuk pemanfaatan teknologi informasi untuk tujuan dakwah. “Sayang jika sosial media hanya digunakan untuk hiburan semata. Padahal, jika kita mau menyiarkan Islam melalui sosial media seperti Youtube, Facebook & Instragram, ini akan menjadi amal jariyah sepanjang hayatnya. Pahalanya akan terus mengalir selama sosial media tersebut masih ada. ” Tambah beliau yang juga aktif sebagai dewan guru di Dayah Darul Hikmah.

Tengku Sayed Saleh, salah seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Hikmah Meulaboh yang aktif membuat kajian dakwah melalui Youtube mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif & mendukung perkembangan potensi akademik mahasiswa. ” saya secara pribadi, dan beberapa mahasiswa lainnya sangat senang diberi kesempatan untuk melakukan dakwah melalui Youtube. Karena akan semakin banyak masyarakat yang bisa melihat dakwah kita, tidak terbatas pada jarak dan waktu. Dimana saja dan kapan saja, mereka bisa melihatnya. Apalagi anak-anak muda sekarang, mereka lebih sering melihat Youtube, Facebook & Instagram daripada pergi kemesjid. Jika tidak ada video-video dakwah seperti ini, tentu mereka tidak akan tersentuh dengan siraman-siraman rohani.

“Namun karena peralatan yang sangat terbatas, kualitas video yang dihasilkanpun masih sangat standar. Kami sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah, badan dayah, dan berbagai pihak yang peduli dengan dakwah digital seperti ini. Bantuan seperti kamera/handycam, laptop dan koneksi internet cepat sangat membantu kami untuk menghasilkan video-video dakwah yang lebih baik dimasa mendatang” Tambah Tgk Sayed yang tercatat sebagai mahasiswa jurusan PBA di STAI Darul Hikmah.

sumber : http://staidarulhikmah.ac.id