APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Tak Hanya Akademik, Organisasi Juga Penting

avatar penulis

Anggi Maulinda

30 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Keberadaan BEM di setiap kampus, boleh jadi sebagai awal mula mahasiswa untuk belajar berorganisasi serta bersosialisasi di ruang lingkup kampus. Pun di kampus Sekolah Tinggi Analis Bakti Asih (STABA) Bandung.

Keberadaan sebuah organisasi mahasiswa di lingkungan kampus, boleh jadi sebagai langkah yang tepat bagi pihak petinggi kampus untuk mewadahi bakat dan minat yang dimiliki oleh mahasiswanya itu sendiri.

Banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa ketika mereka ikut serta berperan aktif di sebuah organisasi yang ada di bawah naungan kampusnya. Mulai dari bertukar pikiran, berbagi informasi, saling menghargai pendapat orang lain, dan banyak manfaat lainnya.

Melihat hal seperti diatas, Sekolah Tinggi Analis Bakti Asih (STABA) Bandung, berusaha untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki wawasan luas. Sekolah yang berpusat di jalan Padasuka Atas 233 Kota Bandung ini membentuk sebuah organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa 07 (BEM STABA). Organisasi ini memiliki sejumlah agenda yang di rancang oleh para mahasiswanya sendiri.

Dalam satu pekan sebanyak dua kali pertemuan, sejumlah anggota BEM 07 STABA akan berkumpul di satu ruangan yang berada di ruang lingkup kampusnya itu. Kehadiran mereka tentu saja untuk melihat perkembangan setiap program kerja (proker) yang mereka miliki.

Presiden BEM 07 STABA Bandung, Robi Cahyadi mengatakan, saat ini BEM 07 STABA memiliki sebanyak tujuh divisi. Ketujuhnya yakni divisi pendidikan, olahraga, kesenian, pengabdian masyarakat, dana usaha, kerohanian, infokom, dan kesekretariatan.

Untuk divisi Infokom, diakui Robi, pihaknya kerap aktif di beberapa media sosial seperti Instagram dan lainnya. Divisi pendidikan menggelar sebuah seminar plebotomi, divisi pengabdian masyarakat, melaksanakan donor darah dan lainnya.

Sementara untuk divisi kerohanian, lanjut Robi, pihaknya kerap melakukan bakti sosial ke panti asuhan. Divisi olahraga menggelar pekan olahraga mahasiswa, divisi dana usaha, dana koperasi dan divisi kesekretariatan, urusan surat menyurat masuk dan keluar.

"Tujuannya kita membentuk setiap divisi itu agar terjadi keselarasan, antara satu dan yang lainnya. Setiap divisi ada koordinator dan anggota, mereka membina UKM juga," kata Robi kepada INILAH di kampus STABA Bandung, Kamis (19/8).

Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika mahasiswa ikut berperan aktif di sebuah organisasi kampus. Selain memperbanyak teman yang berbeda angkatan maupun jurusan, mereka juga bisa mendapatkan pengalaman baru cara berorganisasi di ruang lingkup kampusnya itu sendiri.

"Manfaatnya, selain dari sisi akademik, mahasiswa juga perlu adanya kegiatan agar tidak fokus di akademik saja. BEM ini juga sebagai jembatan antara mahasiswa dan pihak akademik. Ketika ada aspirasi mahasiswa, kita bisa jadi jembatan untuk mahasiswa," paparnya.

Keberadaan BEM ini, secara tidak langsung, mengajarkan mahasiswa untuk memiliki jiwa tolong-menolong sesama mahasiswa maupun masyarakat. Mereka bisa saling membantu untuk memberikan solusi saat mahasiswa memiliki sebuah masalah, dan bisa memberikan solusi terbaiknya. Hal seperti ini bisa jadi langkah positif bagi mahasiswa ketika belajar untuk berorganisasi.

"Ketika ada masalah di kampus, kita juga suka sharing. Banyak juga mahasiswa dari BEM yang mendapatkan beasiswa. Jadi menurut saya kalau gabung di BEM tidak akan mengganggu perkulihan kok," imbuhnya.

Dia berharap, semua program yang dimiliki BEM 07 STABA bisa berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu bisa mendapatkan respons yang positif, baik dari pihak kampus maupun dari masyarakat.

"Ke depannya kita berharap bisa menjalin kerja sama dengan kampus lain. Sejauh ini kita sudah kerja sama dengan himpunan analis kesehatan se-Bandung," tambahnya.

Ditemui di tempat yang sama, Rohmatu Aini, salah satu anggota BEM 07 STABA, mengaku senang bisa menjadi bagian dari anggota BEM 07 STABA ini. Sebab bagi mahasiswa asal Banten ini, banyak manfaat yang bisa dipetik saat mengikuti organisasi yang ada di kampusnya ini. Mulai dari mendapatkan teman baru, ilmu baru, dan yang terpenting adalah pengalaman berorganisasi di kampus.

"Alasan saya masuk BEM, saya ingin aktif di kampus. Saya masuk BEM memang keinginan sendiri sih dan ternyata setelah masuk menyenangkan," ujarnya.

Dia berharap BEM 07 STABA semakin solid sesama anggota dan bisa konsisten dengan semua program kerjanya. "Semoga semuanya lancar," pungkasnya. (ing)