redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

STEI Iqra’ Annisa Gelar Kuliah Umum Dengan Topik Capacity Building

avatar penulis

Fikha Ardiani

24 September 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Iqra Annisa berkumpul di Ruang Serba Guna, Gedung Thariq Bin Ziyad, Universitas Abdurrab, Selasa (27/2/2018). Seluruh mahasiswa tampak antusias mendengarkan narasumber yang dihadirkan dalam kuliah umum dengan topik Capacity Building ini.

Pihak panitia menghadirkan sejumlah pembicara handal dalam kuliah umum kali ini. Diantaranya Dr. dr. Susiana Tabrani selaku Pembina Yayasan Susiana Tabrani yang membawahi STEI Iqra Annisa. Kemudian Pimpinan Cabang Bank Syariah Mandiri, Budi Abdiriva, CPM dan Merza Gamal, SH, MP leader di Bank Syariah dan konsultan usaha syariah.

Pada kesempatan tersebut, Dr. dr. Susiana Tabrani, memaparkan tentang rencana STEI Iqra Annisa yang akan bertransformasi menjadi STEI Tabrani atau Tabrani Islamic Business School.

"Urgensi transformasi STEI Iqra’ Annisa menjadi Tabrani Islamic Business School adalah dalam menjawab tantangan tujuan pendidikan internasional," kata Susiana Tabrani yang memiliki latar belakang Doktor Manajemen Pendidikan ini.

Transformasi STEI Iqra Annisa menjadi Tabrani Business School yang saat ini sedang dalam proses pengurusan perubahan nama pada Kementerian yang terkait.

"Diharapkan akan mampu untuk berkontribusi dalam mempersiapkan lulusan-lulusan menjadi agen of change dengan pemahaman ekonomi Islam yang mumpuni dan karakter yang kuat," ujarnya.

Sementara Pimpinan Cabang Bank Syariah Mandiri, Budi Abdiriva, CPM (Asia) menjelaskan seputar karakter penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk menjadi karyawan yang unggul. Tema yang dibawakan oleh Budi Abdiriva adalah “Ketika Memilih Untuk Berkarir”.

"Jika ingin menjadi karyawan yang unggul, salah satu yang paling utama yang harus dimiliki oleh seseorang tersebut adalah kejujuran atau integritas," ujar pria yang telah berpengalaman puluhan tahun sebagai banker ini.

Sesi berikutnya membahas tentang memupuk jiwa Entrepeneurship di Jaman Now. Materi ini disampaikan dengan apik oleh Merza Gamal, SH, MP yang sudah malang melintang sebagai leader di Bank Syariah, sebagai konsultan usaha syariah dan aktif dalam memberikan pelatihan capacity building dan pengembangan nilai pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Merza mendorong timbulnya jiwa kewirausahaan dalam diri mahasiswa, apapun pilihan mahasiswa tersebut setelah lulus nanti.

"Menjadi karyawan ataupun menjadi pengusaha, kedua-duanya harus memiliki jiwa entrepreneur untuk dapat menjadi unggul dan tentunya berbeda dari orang kebanyakan," tuturnya.

Penanggung Jawab Kegiatan Kuliah Umum, Arfianti Novita Anwar mengungkapkan, kuliah umum dengan topik Capacity Building ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap sementer. Kuliah ini kali ini dilaksakan mengawali semester genap tahun ajaran 2017/2018.

"Kegiatan kuliah umum ini ditujukan untuk membangun nuansa akademik di lingkungan kampus STEI Iqra’ Annisa," katanya.

Lebih lanjut wanita yang akrap disapa Vivi ini mengatakan, sebagai sekolah bisnis, STEI Tabrani telah merancang bahwa kegiatan-kegiatan capacity building semacam ini akan digelar secara rutin. Mempersiapkan lulusan untuk dapat unggul baik secara kognitif dan afektif merupakan tanggung jawab yang tidak mudah bagi sebuah perguruan tinggi.

"Sehingga disamping proses pembelajaran yang bermutu, tentunya harus didukung oleh up-grading seperti capacity building yang menghadirkan praktisi-praktisi. Dengan demikian diharapkan mahasiswa tidak hanya berkutat dengan teori-teori yang diperoleh di bangku perkuliahan, namun juga mendapat gambaran tentang hal-hal praktis," pungkasnya. (*)



Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul STEI Iqra’ Annisa Gelar Kuliah Umum Dengan Topik Capacity Building, http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/02/28/stei-iqra-annisa-gelar-kuliah-umum-dengan-topik-capacity-building.
Penulis: Syaiful Misgio
Editor: M Iqbal