redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

LAN Ditantang Ciptakan Kurikulum Zaman Now

avatar penulis

Azizul Pradna Qoidani

26 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

LAN Ditantang Ciptakan Kurikulum Zaman Now

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menantang Lembaga Administrasi Negara (LAN) menciptakan kurikulum dan sekolah yang sesuai dengan anak muda zaman sekarang.

"Perlu kita pahami betul, bahwa CPNS yang baru ini adalah anak-anak 'zaman now' (zaman sekarang)," ujar Menteri Asman saat mengunjungi kampus STIA LAN di Bandung, Selasa (23/1), sebagaimana keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Pernyataan Asman dilontarkan seiring rencana LAN yang akan membentuk instansi pendidikan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Menteri Asman, di zaman ini tidak ada lagi anak muda yang buta akan teknologi. Untuk itu, sebagai penyelenggara negara, pemerintah wajib menyiapkan kurikulum dan latihan dasar yang sesuai dengan latar belakang anak muda zaman sekarang.

"Jangan sampai mereka pikir sistem kita ketinggalan zaman. Kalau tidak sinkron dengan latar belakangnya, nanti akan mubazir," kata dia.

Dia menekankan kurikulum yang akan dibangun harus berbasis teknologi. Ke depannya, tantangan yang dihadapi adalah persaingan di bidang Teknologi Informasi (TI).

Lebih jauh pada kesempatan itu, Menteri Asman mengungkapkan ketertarikannya pada sistem pendidikan dan latihan yang digunakan oleh Telkom Corporate University.

Dia menginginkan agar sekolah atau kampus yang akan dibangun LAN mengadopsi sistem yang telah dipakai Telkom Corporate University.

"Bukan seratus persen mencontoh, tapi ini jadi model kita," jelasnya.

Menurut dia, dengan modernisasi kurikulum, pembangunan SDM akan optimal. Jika berhasil membangun SDM yang mumpuni, maka diharapkan semua ASN akan menjadi motor penggerak bangsa (
Warta Ekonomi.co.id)