APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

STIESA Gelar Pelatihan Relawan Pajak Bersama Kanwil DJP Jabar II

avatar penulis

Fikha Ardiani

13 November 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pelatihan Relawan Pajak yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja (STIESA) bekerja sama dengan Kantor Wilayah Dierektorat Jendral Pajak Jawa Barat II (Kanwil DJP Jawa Barat II) baru saja digelar pada Senin 12 Februari 2018.

Kegiatan tersebut dimulai sajak pukul 09.00 WIB di lantai 2 gedung STIESA. Peserta yang menjadi relawan merupakan 54 mahasiswa dari Program Studi Akuntansi yang tergabung dalam Tax Center STIESA. Relawan pajak tersebut nantinya akan bekerja sama dengan KPP Pratama Subang untuk membantu wajib pajak orang pribadi dalam melaporkan SPT Tahunan.

Dalam sambutannya Bapak Asep Kurniawan SE., MM selaku ketua Program Studi Akuntansi STIESA menyampaikan bahwa telah dibuat MOU antara STIESA dan Kanwil DJP Jawa Barat II, dengan adanya kerjasama ini diharapkan bahwa kedepannya mahasiswa dapat menggunakan kesempatan ini dengan baik.

Selanjutnya, Bapak Adilega Tanius sebagai perwakilan dari Kanwil DJP Jawa Barat II menyebutkan bahwa relawan merupakan orang yang tanpa pamrih membantu, diharapkan dengan dibentuknya Relawan Pajak ini, pelaporan SPT khususnya di Kanwil DJP Jawa Barat dapat berjalan dengan baik. Dalam kesempatannya beliau juga menyampaikan bahwa selain di Subang juga akan dilaksanakan workshop pembekalan yang sama di beberapa Perguruan Tinggi yang berada dalam wilayah cakupan DJP Jawa Barat II.

Selanjutnya pelatihan yang disampaikan oleh tim dari Kanwil DJP Jawa Barat II inipun dimulai setelah disematkannya kartu nama Relawan Pajak dan penandatangan surat pernyataan oleh perwakilan mahasiswa. Dalam workshop pembekalan disampaikan materi mengenai tata cara pengisian SPT secara online dengan menggunakan e-filing, e-form dan e-billing. Rencananya relawan pajak ini akan membantu kegiatan pengisian SPT oleh wajib pajak orang pribadi pada bulan Maret 2018. (Fajar Meiyanti)

 

http://stiesa.ac.id/main/index.php/82-berita-kampus/241-stiesa-gelar-pelatihan-relawan-pajak-bersama-kanwil-djp-jabar-ii