redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Pelatihan Kewirausahaan 25-26 Juli 2022

avatar penulis

Vian Vian

29 July 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Bekasi, bekerjasama dengan Tri Bhakti Business School (TBBS) melakukan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Sub Kegiatan Koordinasi dan Sinkronisasi Dengan Para Pemangku Kepentingan Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro DID Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 25 hingga 26 Juli 2022 yang berlokasi di Graha Hartika Wulansari Bekasi. Acara ini diikuti oleh 50 (lima puluh) peserta yang berasal dari Binaan PKL Pemerintah Kota Bekasi.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang langsung dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bekasi H.Abdillah Hamta. Selanjutnya beliau melakukan doa bersama dengan para pembicara, kepala dinas koperasi, peserta dan dilanjutkan dengan sesi  foto bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan manajemen Tri Bhakti Business School Bapak Dr. Eddy Setyanto, S.Sos., M.Si.

Materi pertama 25 Juli 2022 dibawakan oleh dosen Tri Bhakti Business School yaitu Dr. Eddy Setyanto, S.Sos., M.Si,  yang menyampaikan materi dengan judul “Business Plan”,  yang bertujuan untuk memberikan pengarahan tentang cara pembuatan proposal bisnis canvas. Para peserta diberikan praktek secara langsung dalam hal pembuatan proposal yang di jelaskan oleh Dr. Eddy Setyanto, S.Sos., M.Si  dan dibantu oleh para mahasiswa dalam pengerjaan praktek pembuatan proposal bisnis.

Selanjutnya materi kedua dibawakan oleh Lembah Dewi Andini., S.E., M.Ak., Ak., CA, yang menjelaskan cara pembuatan laporan keuangan bagi para pelaku UMKM agar dapat memisahkan antara aset pribadi dan aset usaha.

Selanjutnya di hari kedua Selasa, 26 Juli 2022. Materi pertama dibawakan oleh dosen Tri Bhakti Business School yaitu Lembah Dewi Andini., S.E., M.Ak., Ak., CA, yang melanjutkan materi dihari kemarin tentang pembuatan laporan keuangan. Pada hari kedua para peserta diajak untuk langsung mempraktikan pelaporan keuangan yang dipandu oleh narasumber beserta para mahasiswa Tri Bhakti Business School.

Selanjutnya materi kedua dibawakan oleh bapak Nur Muhammad.  Materi yang disampaikan adalah Digital Marketing, materi ini betujuan untuk menambah pengetahuan peserta seputar pemasaran di internet, memperdalam ilmu copywriting, photography, dan juga pemanfaatan teknologi untuk berbisnis.

Materi yang terakhir dibawakan oleh pihak Bank BJB, dan juga BPJS, Bank BJB menjelaskan bahwa “kita mempunyai program pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dapat memudahkan ibu dan bapak sekalian dalam berwirausaha” , Selain itu terdapat juga seminar dan juga pelatihan yang diadakan secara terus menerus oleh Bank BJB di aplikasi BJB digi. Banyak hal menarik yang ditawarkan oleh pihak Bank BJB kepada para peserta pelatihan kewirausahaan. Selanjutnya pihak BPJS menjelasakan program-program yang terdapat di BPJS. Selain itu para peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya investasi  Kesehatan BPJS, dan menjelaskan program menarik BPJS  dalam hal investasi kesehatan.

Penutupan acara ditutup dengan  pembagian sertifikat (Perwakilan) dan ditutup oleh kepala dinas dan perwakilan dari kampus Tri Bhakti Business School. Pesan dari para peserta bahwa para peserta ingin adanya pelatihan lanjutan.