APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

SEMINAR PASAR MODAL “BEDAH EMITEN TRJA”

avatar penulis

Vian Vian

17 June 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Pada tanggal 15 Juni 2023, PT Transkon Jaya Tbk bersama dengan KSPM – GI STIE Tri Bhakti mengadakan Seminar Pasar Modal “Bedah Emiten TRJA”. Bedah Emiten TRJA adalah salah satu kegiatan pengenalan Analisis Fundamental pada PT Transkon Jaya Tbk.

 

Mengapa hal ini dipandang perlu ya?

Saat ini investasi saham sangat diminati oleh berbagai lapisan masyarakat, terlebih kaum milenial yang saat ini sudah banyak menjadi investor saham. Akan tetapi banyak para investor yang ternyata mengabaikan menganalisis saham dalam menentukan emiten (perusahaan yang tercatat di BEI) yang ingin dibeli.

 

Menyikapi hal tersebut, PT Transkon Jaya Tbk hadir bersama-sama di tengah masyarakat untuk memberikan edukasi tentang analisa dalam berinvestasi, khususnya analisa fundamental. Analisa fundamental saham menjadi bagian penting yang perlu dipelajari para investor pemula. Melalui analisis yang dilakukan akan memberikan informasi saham dari sebuah perusahaan sehat atau tidak dengan melakukan analisis yang berfokus pada beberapa faktor seperti seperti kinerja perusahaan, persaingan usaha, industri, keadaan ekonomi makro ataupun mikro.

 

Sebagai informasi, PT Transkon Jaya Tbk adalah perusahaan lokal mapan yang berbasis di Balikpapan, Kalimantan Timur, mengkhususkan diri dalam Penyewaan Kendaraan 4 x 4 & 4 x 2 untuk Industri Pertambangan, Minyak & Gas dan Industri Konstruksi, termasuk Kendaraan Ringan, Truk Ringan dan Bus, Manhaul, Ambulans, Badan Layanan, Kendaraan Penyelamat, dan banyak kendaraan khusus lainnya. Transkon beroperasi di beberapa pulau: Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Jawa, termasuk membangun fasilitas bengkel di 43 lokasi tambang yang berbeda untuk mendukung armada sewa lebih dari 2.000 unit pada tahun 2019.

 

Seminar Pasar Modal “Bedah Emiten TRJA” dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan pembawa acara yaitu Vincentius Moang Sola Maria Solapung dari Divisi RND KSPM – GI STIE Tri Bhakti. Acara dimulai dengan pembukaan dari MC (Master of Ceremony) dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua STIE Tri Bhakti, Bapak Drs. Widayatmoko, MM.,M.Ikom dan Ibu Gerladine Simanjuntak selaku Head Corporate Communication & Relation PT Transkon Jaya Tbk.

 

 

 

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi. Dalam sesi pemaparan materi, para pemateri dipandu oleh seorang moderator yaitu Nabilah Fary dari Divisi RND KSPM – GI STIE Tri Bhakti. Sebelum pemaparan materi, moderator membacakan CV pemateri pertama yaitu Bapak Irvan F.C Oentoeng, SE.,MM selaku Koordinator Galeri Investasi STIE Tri Bhakti dan didampingi oleh 3 mahasiswa dari tim riset KSPM yaitu Ajay Kristian Lumbantobing, Julius Exaudi Panjaitan dan Amelia Sihombing. Adapun materi yang dibahas adalah “Overview Kondisi Perekonomian Global, Nasional serta Sektor Transportasi”. Bapak Irvan F.C Oentoeng, SE.,MM membahas gambaran secara keseluruhan setiap kondisi perkonomian. Dilanjutkan oleh Ajay Kristian Lumbantobing (Ketua KSPM – GI STIE Tri Bhakti) membahas kondisi perekonomian secara global. Disusul oleh Julius Exaudi Panjaitan (Divisi RND KSPM – GI STIE Tri Bhakti) memaparkan bagaimana situasi perekonomian nasional Indonesia. Topik terakhir dibawakan oleh Amelia Sihombing (Divisi Media KSPM – GI STIE Tri Bhakti) yaitu situasi pada Sektor Transportasi. Pemaparan materi pertama ditutup oleh Bapak Irvan F.C Oentoeng, SE.,MM dengan menyampaikan kesimpulan dari pemaparan yang ada.

 

  
 

Sebelum memasuki pemaparan materi kedua, Halimah Miranty dan Triska Oktaviani membawakan ice breaking. Peserta sangat bersemangat dan sangat antusias mengikuti games yang ada. Games pertama adalah tebak logo dari brand-brand lokal maupun internasional. Dilanjutkan dengan games bernyanyi dengan pelafalan huruf vocal A,I,U,E,O secara bergantian.

  

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi dari Ibu Gerladine Simanjuntak selaku Head Corporate Communication & Relation PT Transkon Jaya Tbk. Ibu Geraldine Simanjuntak membahas topik inti dari kegiatan ini, yaitu “Bedah Emiten TRJA”. Profil Perusahaan adalah sub topik pertama yang dibawakan oleh Ibu Geraldine Simanjuntak. Dilanjutkan dengan pemaparan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan dari masa ke masa. Ibu Geraldine Simanjuntak juga memaparkan Ikhtisar Laporan Keuangan serta Rencana Bisnis Perusahaan. Peserta sangat antusias mendengarkan pemaparan materi. Setelah pemaparan materi telah selesai, moderator membuka sesi diskusi kepada para peserta.

 

  

Sebelum mengakhiri acara, dilakukan penyerahan plakat oleh STIE Tri Bhakti kepada PT Transkon Jaya Tbk yang diwakilkan oleh Ibu Keri Boru Hotang, SE., M.Ak selaku Wakil Ketua II STIE Tri Bhakti. Dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh PT Transkon Jaya Tbk kepada STIE Tri Bhakti yang diwakilkan oleh Ibu Gerladine Simanjuntak selaku Head Corporate Communication & Relation PT Transkon Jaya Tbk.

 

Acara ditutup dengan sesi dokumentasi dan penutupan dari MC. Acara ini berakhir pada pukul 16.30 WIB. Para peserta dipersilahkan meninggalkan Auditorium STIE Tri Bhakti, tempat terlaksananya acara ini. Seminar Pasar Modal “Bedah Emiten TRJA” ini berlangsung dengan baikdan penuh sukacita. Kiranya ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

 
 

Penulis : Ajay Kristian Lumbantobing

Fotografer : Tio Andriansyah P P