redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

STIE Tricom Adakan Workshop Jurnalistik

avatar penulis

Fikha Ardiani

18 November 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Medan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tricom mengadakan Workshop Jurnalistik dan Jurnalisme Warga, di kampus tersebut Jalan Marelan Raya, Medan Marelan, Sabtu dan Minggu (18-19/11). Workshop menghadirkan pembicara Eko Hendra, Redaktur Harian MedanBisnis, diikuti sejumlah mahasiswa STIE Tricom.

Ketua STIE Tricom Manda Dwipayani Bhastary mengatakan, kegiatan ini untuk menambah wawasan mahasiswa terkait bidang jurnalistik. "Ilmu jurnalistik sangat perlu dipelajari, bukan hanya oleh orang yang berkecimpung di media, tapi juga untuk bidang kerja lain," kata Manda. 

Terlebih, sambung Manda, saat ini kita hidup di zaman keterbukaan publik, dengan berkembangnya internet dan media sosial, harus disikapi dengan pengetahuan yang cukup seputar itu. "Jurnalistik memiliki peranan penting dalam membentuk tatanan masyarakat yang ideal, maka mempelajari jurnalistik mutlak harus dilakukan oleh setiap orang termasuk mahasiswa," katanya.

Sementara narasumber Eko Hendra dalam paparannya menggambarkan bagaimana jurnalistik bisa menjadi pendukung dalam bidang perkuliahan, serta bidang kehidupan lain.

Eko juga menceritakan bagaimana peranan dan aktivitas wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya. Lalu kepada peserta diajarkan cara praktis menulis berita dengan metode  5W+1H.

Pada session berikutnya, disampaikan juga tentang blog, apa keuntungan menulis di blog, dan  bagaimana cara pembuatan serta pengembangan blog. "Intinya, dari workshop ini, diharapkan muncul kemauan kita untuk menulis, menyebarkan hal-hal baik di sekitar kita, sehingga bisa diketahui dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain," kata Eko.  (ledi munthe)

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2017/11/21/327328/stie_tricom_adakan_workshop_jurnalistik/