redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Gebyar IVA Mahasiswa Prodi Kebidanan Stikes Bina Usada Bali di Desa Sulangai, Petang

avatar penulis

Fikha Ardiani

26 September 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Mahasiswa Prodi Kebidanan Stikes Bina Usada Bali menggelar Gebyar IVA di Desa Sulangai, Kecamatan Petang, Badung. Kegiatan ini dalam upaya menindaklanjuti hasil Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang dilaksanakan pada Minggu, (19/8) lalu yang diselenggarakan oleh mahasiswa program studi Kebidanan STIKes Bina Usada Bali dengan menghasilkan beberapa keputusan terkait dengan masalah yang ditemukan di Banjar Wanasari dan Banjar Sulangai, Desa Sulangai, Kec. Petang.
 
Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Gebyar IVA, Narwasti Takandunu selaku mahasiswa PAJ Prodi Kebidanan Stikes Bina Usada Bali yang sekaligus sebagai Koordinator KIA/KB di Puskesmas Petang 1 mengatakan, gebyar IVA ini dilaksanakan menindaklanjuti permasalahan dari hasil MMD yang dilaksanakan di Desa Sulangai. Dijelaskan, bahwa terdapat 2 masalah prioritas yaitu 60 % pasangan usia subur takut melakukan pemeriksaan IVA, dan 36 % remaja putri belum mengetahui cara memeriksa payudara sendiri. Sehingga tindaklanjut dari permasalahan tersebut dilakukan beberapa kegiatan seperti penyuluhan kesehatan tentang Sadari dan kesehatan reproduksi yang diselenggarakan pada Kamis 23 Agustus lalu. Serta penyelenggaraan gebyar IVA sekaligus penyuluhan tentang kanker leher rahim yang dilaksanakan pada Sabtu, 25 Agustus dengan sasaran ibu PKK se-Desa Sulangai.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ka. TU UPT Puskesmas Petang 1, I Wayan Jana, S.H mengatakan, sangat mengapresiasi Gebyar IVA yang diselenggarakan oleh Mahasiswa PAJ Prodi Kebidanan Stikes Bina Usada Bali. Kedepannya diharapkan kegiatan ini bisa berlanjut di desa-desa yang lain pada saat mahasiswa praktek kerja lapangan. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sulangai, Kepala Dusun se-Desa Sulangai, Ka TU UPT Puskesmas Petang 1, PKK Desa Sulangai, serta Dosen Pembimbing Stikes Bina Usada Bali. Melalui gebyar IVA ini diharapkan masyarakat desa sulangai terutama pasangan usia subur tidak takut lagi untuk melakukan pemeriksaan dini terhadap kanker leher rahim.
 
https://badungkab.go.id/instansi/setda/baca-berita/1683/Gebyar-IVA-Mahasiswa-Prodi-Kebidanan-Stikes-Bina-Usada-Bali-di-Desa-Sulangai-Petang.html