redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Stikes Harapan Ibu Jambi Terus Berbenah, Ini Terobosan yang Dilakukan

avatar penulis

Fikha Ardiani

15 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Mendukung aktivitas perkuliahan, Stikes Harapan Ibu tetap melakukan pembenahan. Ns Susi Widiawati M Kes, Ketua Stikes HI Jambi mengatakan, pengembangan STIKES Harapan Ibu Jambi kedepanya sesuai dengan visi misi kampus. “Menjadi Perguruan Tinggi Yang Terdepan Berbasis IPTEKS Kesehatan di Kopertis Wilayah X Tahun 2025” katanya, Rabu (25/4). Lanjutnya, Visi STIKES Harapan Ibu Jambi ini menggambarkan kondisi yang ideal dari STIKES yang ingin diwujudkan. Merupakan keinginan seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan pada masa yang akan datang. Susi menyampaikan, pihak yayasan baik juga pihaknya saat ini sudah berperan dalam mengembangkan kampus dan akan dikembangkan kedepannya. Untuk itu, perlu melakukan peningkatan sarana dan prasaranan untuk menunjang kegiatan akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang memadai dan nyaman. Selain itu juga meningkatkan mutu dosen dengan studi lanjut baik S2 maupun S3 dan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan tridharma perguruan tinggi. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai Instansi pemerintah maupun swasta baik lokal, nasional dan internasional. Pada saat ini STIKES Harapan Ibu Jambi lagi membenahi fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan. Berikut fasilitas yang dimiliki, seperti perpustakaan dengan koleksi bukunya, dan ruang baca yang nyaman. Memiliki e-library yang di bisa diakses oleh civitas akademika. Ruang perkuliahan dan ruangan tutorial yang nyaman, ruangan laboratorium dan peralatan laboratorium yang sudah memadai, ruangan kantor yang nyaman, tempat diskusi mahasiswa Meningkatkan mutu STIKES Harapan Ibu Jambi dengan dilaksanakannya Monitoring dan Evaluasi oleh LPM STIKES Harapan Ibu Jambi.

Meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa. Dengan hasil 3 judul proposal penelitian memperoleh hibah Menristekdikti pendanaan tahun 2018. Beberapa hal dilakukan untuk meningkatkan animo calon mahasiswa untuk mendaftarkan dirinya dengan melakukan pengembangan. Dan banyak lagi hal-hal yang dilakukan untuk mencapai visi STIKES Harapan Ibu Jambi. Selain itu dengan melakukan proses akreditasi Institusi seperti yang sedang berlangsung. Borang STIKES sudah Tahap perpanjangan validasi Asesmen Kecukupan 6 (AK 6), "Insyaallah tidak lama lagi akan dilakukan Asesmesmen Lapangan oleh Asesor dr BAN-PT," ujarnya.

Stikes Harapan Ibu Jambi terdiri dari 4 program studi yaitu 2 program studi (Kesmas dan farmasi) sudah B dan Prodi keperawatan dan Ners proses reakreditasi. Ia berharap kedepannya akan membuka Prodi Apoteker apabila STIKES Harapan Ibu dipercaya mendapatkan akreditasi B. Jumlah mahasiswa aktif Stikes Semester Gasal Tahun akademik 2017/2018 sebanyak 1.441. STIKES telah melahirkan lulusan atau alumni sebayak 3.343 orang, 1.530 Sarjana Kesehatan Masyarakat , 1.019 Sarjana Keperawatan, 384 Ners, dan 410 Sarjana Farmasi. Alumni STIKES Harapan Ibu Jambi sudah bekerja di bebagai institusi negeri maupun swasta baik dalam maupun luar negeri. Sedangkan, Dosen STIKES Harapan Ibu Jambi berjumlah 54 orang, 92,6 % dosen sudah memiliki jabatan akademik (Asisten Ahli dan Lektor). Dan kedepannya, 2 tahun kedepan sudah ada yang lektor kepala. 81, 5 % dosen sudah memiliki sertifikasi. STIKES Harapan Ibu Jambi selalu mengirimkan dosen untuk pelatihan, seminar, workshop dan sebagai narasumber. Dosen STIKES Harapan Ibu Jambi berasar dar berbagai Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri. Dosen aktif dalam organisasi profesi, APTFI, IAKMI, PPNI, HPMI, FDI, ADRI dan organisasi profesi lainnya. STIKES Harapan Ibu Jambi sudah bekerjasama dengan RS Pemerintah dan swasta. Bekerjasama dengan 20 Puskesmas di Kota Jambi, perusahan-perusahan, institusi pendidikan baik dalam provinsi Jambi maupun Luar Provinsi Jambi serta Luar Negeri (University Kebangsaan Malaysia dan Ming Chi University Of Technology).

http://jambi.tribunnews.com/2018/04/26/stikes-harapan-ibu-jambi-terus-berbenah-ini-terobosan-yang-dilakukan?page=3