redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

94 mahasiswa STIKes Medika Cikarang ikuti prosesi ucap janji

avatar penulis

Fikha Ardiani

17 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sebanyak 94 mahasiswa D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan, serta Profesi NERS Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Medika Cikarang pada Kamis (2/3/2017) mengikuti Prosesi Ucap Janji atau capping day yang dilaksanakan di Gedung BPPTIK Cikarang.

Capping day merupakan tradisi yang biasa dilakukan mahasiswa keperawatan dan kebidanan sebelum melakukan tugas praktik lapangan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, sebagai bentuk pendidikan sekaligus pengabdian kepada masyarakat. Selain seremonial pemakaian seragam keperawatan dan kebidanan, seluruh mahasiswa juga mengucap janji. 

94 mahasiswa yang mengikuti prosesi ucap janji terdiri dari D3 Keperawatan sebanyak 28 orang, S1 Keperawatan sebanyak 34 orang dan D3 Kebidanan sebanyak 32 orang.

Acara dihadiri antara lain oleh Staf Khusus Kemenristek Dikti Maktub Wahid, Nining, SKM mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bekasi, Ketua PPNI Kab. Bekasi Asep Sardi, SKM, Ketua IBI Kab. Bekasi Hj. Nursiati, S.SiT, MM, Direktur RS. Sentra Medika Cikarang, Direktur RS. Sentra Medika Cibinong, Direktur RS. Sentra Medika Cisalak, Direktur RS. Harapan Bunda Jakarta Timur, Kementerian Agama Kab. Bekasi, dan tamu undangan lainnya.

Ditemui saat mendampingi prosesi ucap janji, Dr. drg. Eddy Suharso, SH, M.Kes menyampaikan kegiatan ini merupakan langkah mahasiswa untuk terjun ke tengah masyarakat, dirinya menambahkan agar mahasiswa tidak berpuas diri setelah ucap janji, tetapi mengajak mereka untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan dan keilmuannya dibidang keperawatan dan kebidanan.

"Kampus kami dalam pembelajarannya menerapkan early learning hospital dimana mahasiswa perawat dan bidan sejak semester satu sudah belajar dan terjun di rumah sakit, ini penting untuk menyiapkan tenaga perawat dan bidan yang berkompeten terlebih menghadapi MEA ditambah kami didukung 4 rumah sakit Medika grup" katanya.

Dalam acara ini pula STIKes Medika Cikarang memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi diantaranya; Program D3 Kebidanan peringkat 1 Salsabila Fyrdausa dengan IPK 3,91, peringkat 2 Rizqa Aulia Prasiwi dengan IPK 3,61, peringkat 3 Suryani dengan IPK 3,61.

Program Studi D3 Keperawatan peringkat 1 Faradhita Shafira Hilman dengan IPK 3,80, peringkat 2 Fidhiyah Hardhiyanti Rokayah dengan IPK 3,70, peringkat 3 Aam Amjani dengan IPK 3,50. 

Program Studi NERS peringkat 1 Friyan Cahya Wibowo dengan IPK 3,67, peringkat 2 Nunki Pramesti Nugraha dengan IPK 3,67, peringkat 3 Meyti Oktapiani dengan IPK 3,67. 

Salah satu mahasiswa berprestasi dari NERS yakni Nunki Pramesti Nugraha ditemui usai angkat sumpah menyampaikan rasa syukur dan bangganya setelah lima tahun menempuh pendidikan akhirnya berhasil meraih apa yang menjadi impiannya. Dirinya menambahkan tidak ingin cepat berpuas diri dengan apa yang sudah diraihnya saat ini, tapi ingin terus mengembangkan diri.

"Syukur alhamdulillah akhirnya setelah 5 tahun akhirnya berhasil lulus, saya tidak ingin cepat berpuas diri. Ini merupakan langkah awal untuk terus mengembangkan keilmuan yang saya sudah dapat di STIKes Medika Cikarang" katanya kepada urbancikarang.com

Para orangtua yang mengantar putra-putrinya dan menyaksikan prosesi terharu menyaksikan putra-putri mereka akhirnya siap menuju gerbang masa depan mereka. Acara berlangsung hikmat dan meriah diselingi dengan penampilan tari tradisional kreasi mahasiswa STIKes Medika Cikarang. Diakhir acara mahasiswa, orangtua, dosen berfoto bersama.

http://www.urbancikarang.com/v2/page.php?halaman=94.mahasiswa.STIKes.Medika.Cikarang.ikuti.prosesi.ucap.janji#.W3Z15Dm6x0s