APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Narasumber Penyuluhan Bahaya TB, Ini Ulasan Dosen Muda Stinula Pinrang

avatar penulis

Fikha Ardiani

10 October 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

TRIBUNPINRANG.COM, PATAMPANUA - Dosen muda Stikes Nusantara Lasinrang (Stinula) Pinrang, Akbar S Ujohn menjadi narasumber dalam acara penyuluhan kesehatan tentang bahaya penyakit tuberkulosis.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari TB sedunia itu digelar oleh BEM Stikes Nusantara Lasinrang bekerjasama Dengan SSR TB care Aisyiyah Pinrang.

Kegiatan dipusatkan di SMAN 5, Kampung Urung, Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinrang, Senin (23/4/2018).

Dalam ulasannya, Akbar menjelaskan bahwa Tubercolosis adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil mycobacterium tuberculosis.

"Penyakit ini ditularkan dari penderita TB aktif yang batuk dan mengeluarkan titik-titik kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh yang kuat," jelasnya.

Akbar menyebutkan, TB termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia.

"Di Pinrang sendri penyebaran penyakit ini sangat tinggi," ungkapnya.

Lebih lanjut, Akbar mengatakan, TB paling sering menyerang paru-paru dengan gejala klasik berupa batuk, berat badan turun, tidak nafsu makan, demam, keringat di malam hari, batuk berdarah, nyeri dada, dan lemah.

"Jadi perlu ada pola intens dalam menjaga kesehata. Saat tubuh kita sehat, sistem kekebalan tubuh dapat memberantas basil TB yang masuk ke dalam tubuh. Meski demikian, sistem kekebalan tubuh juga terkadang bisa gagal melindungi kita. Intinya, tetap berupaya realisasikan pola hidup sehat," pungkasnya.

 

http://makassar.tribunnews.com/2018/04/23/narasumber-penyuluhan-bahaya-tb-ini-ulasan-dosen-muda-stinula-pinrang