APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

I’m STIKOM, I do My Best

avatar penulis

Anggi Maulinda

15 August 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

I’m STIKOM, I do My Best

Retret Bina Karakter
Kegiatan Rekoleksi Bina Karakter yang diselenggarakan pada tanggal 6 hingga 7 juli 2017 di Rumah Retret Kaliori lalu telah diikuti oleh seluruh mahasiswa semester II tahun ajaran 2016 / 2017 dari berbagai program studi.
Sebelumnya, ada himbauan bagi mahasiswa untuk berkumpul pagi hari sekitar pukul 07.30 – 08.00 terlebihdulu di STIKOM Yos Sudarso , hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila terdapat mahasiswa yang kesulitan dalam hal transportasi untuk menuju lokasi, maka dapat ikut bersama dengan rombongan panitia.
Setelah semua mahasiswa tiba di lokasi retret mereka langsung melakukan cek-in untuk pembagian kamar tidur dan melakukan persiapan sesi yang akan dimulai pukul 09.00 pagi di Aula Rumah Retret Kaliori.
Lalu setelah semua berkumpul maka untuk mengawali kegiatan rekoleksi agar bisa berlangsung dengan lancar juga terdapat doa pembukaan yang dipimpin oleh Frater Rendy

Kemudian peserta diberikan arahan, tata tertib dan jadwal kegiatan yang akan dilakukan, juga tidak lupa kata sambutan dari pengelola tempat rekoleksi.

Dalam jadwal Kegitatan Bina karakter ini terdapat 7 sesi yang dilakukan selama 2 hari adalah sebagai berikut :
1. Prosepektus
2. Konsep Diri ( Who am I )
3. Symbol of Mine
4. Visi Misi Pribadi
5. Komitmen Diri dan Bersama
6. Pentas Seni dan Rekonsiliasi
7. Resume “ Facing The Giants!”

Apa itu rekoleksi?
Sesuai pengertiannya rekoleksi ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mengumpulkan kembali pengalaman – pengalaman di masa lalu mereka sebagai pembelajaran di masa sekarang.

Bersama Romo Ary yang mengajak mahasiswa untuk merenungkan kembali kegiatan dalam kehidupan mereka sehari-hari yang harus direfleksikan sebagai pelajaran hidup dan banyak makna yang dipetik dari peristiwa-peristiwa tersebut.
Selanjutnya setelah dibina tentang maksud, tujuan rekoleksi dilanjutkan sesi pengenalan konsep diri – “Who am I?”, yang berlangsung hingga siang hari yang diberi jeda makan siang

Lalu setelah makan siang dan istirahat, acara dilanjutkan kembali dengan sesi kedua “Dinamika Kelompok (Simbolisasi diri)”, pada gambar dibawah ini terlihat mahasiswa yang sedang membuat simbolisasi / gambaran dirinya melalui objek yang ada disekitar lingkungan kawasan retret pada buku panduan yang dipegangnya.

Setelah kegiatan tersebut, sorenya dilanjutkan sesi yang disebut ice breaking dari panitia agar peserta lebih bersemangat lagi, suasana gembira penuh canda dan tawa hari menjelang malam, serta menambah keakraban antar mahasiswa lintas jurusan dan juga dosen.

Pada malam hari, setelah acara makan malam adalah acara puncak yaitu api unggun dan pertunjukan pentas seni dari semua kelompok mahasiswa yang telah mempersiapkannya jauh – jauh hari sebelum retret.

Untuk mengakhiri malam dan istirahat tidur, terdapat sesi renungan atau rekonsiliasi. Tidak seperti sebelumnya ada canda dan tawa, ketika itu mahasiswa suasana penuh dengan suara tangis. Pada Sesi rekonsiliasi ini merupakan momen yang digunakan untuk mahasiswa untuk saling berdamai dengan diri sendiri dan sesama.

Lalu, dilanjutkan keesokan harinya atau hari kedua mahasiswa kembali berkumpul untuk senam pagi / stretching sekaligus menikmati udara segar di pagi hari.

Yang kemudian acara outbond dari pukul 07.30 – 09.30. Kegiatan oubond diisi dengan berbagai permainan seru yang telah disiapkan oleh panitia, tak ketinggalan banyak mahasiswa yang rela berbasah – basahan di salah satu permainan outbond.

Setelah Outbond selesai, pada pukul 12.00 WIB diumumkannya juga para pemenang outbond dengan hadiah yang telah disiapkan panitia dan dilanjutkan dengan Ibadah Penutup.
Ketika itu bagi mahasiswa yang beragama Muslim menunaikan ibadah shalat jumat yang dipimpin oleh Bpk. Agus Suparno di Aula, sedangkan Mahasiswa yang beragama Kristen Katolik Ada Ibadah Misa Penutup bersama Romo Ary di Gua Maria. Ibadah selesai pada pukul 14.00 WIB dan ditutup dengan Makan siang, foto bersama antara panitia dan peserta.

http://web.stikomyos.ac.id/index.php/2017/08/04/im-stikom-i-do-my-best/