APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Hibah Penelitian STARKI 2023

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

27 March 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tiga kewajiban yang terdapat dalam Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Seluruh sivitas akademika baik itu Mahasiswa maupun Dosen bertanggungjawab untuk menjalankan Tri Dharma tersebut.

Senin, 20 Maret 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STARKI mengadakan acara Hibah Penelitian tahun 2023. Inti dari acara ini adalah pengumuman penerima hibah penelitian STARKI tahun 2023, dimana sebelumnya para Dosen STARKI diberikan kesempatan untuk mengajukan judul penelitiannya masing-masing. Para Dosen juga dipersilahkan untuk mengajak Mahasiswa dari program studi D3 Sekretari dan S1 Ilmu Komunikasi untuk terlibat dalam penelitiannya. Acara ini dihadiri oleh Pimpinan, Dosen dan beberapa Mahasiswa STARKI yang terlibat dalam penelitian tersebut. Dalam sambutannya Bapak Dr.rer.pol. A.Y. Agung Nugroho, M.M., selaku Ketua STARKI menyampaikan apresiasinya kepada Dosen dan Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu dari nilai Penelitian. Bapak Agung juga mengatakan ”penelitian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tugas seorang Dosen, namun demikian tidak ada dosen jika tidak ada mahasiswa, maka kami mengapresiasi bahwa para dosen mengajak para mahasiswa untuk ikut terlibat dalam penelitian karena penilitian tidak hanya dikuasai oleh teori-teori yang diajarkan”. ”Kegiatan penelitian juga bagian dari tugas seorang mahasiswa sesuai dengan ketentuan Kemendikbud, ada ketentuan dimana seorang mahasiswa harus melakukan publikasi karya ilmiah”.

Penelitian ini dilakukan secara berkelompok, dimana Dosen melakukan kolaborasi dengan Mahasiswa, dengan maksud dan tujuan agar Mahasiswa juga mempunyai pengalaman dan mempraktekkan ilmu yang didapat selama berkuliah dan dituang dalam penelitian yang akan digarap nanti. Bobot yang dilakukan Mahasiswa juga sama besarnya dengan para Dosen, yaitu menyelesaikan penelitian mulai dari tahap penyusunan proposal, pengambilan data dan pelaporan. Tentu saja hal ini sangat mencerminkan nilai dari Tri Dharma itu sendiri, dimana yang bertanggungjawab untuk menjalankan adalah seluruh sivitas akademika termasuk Mahasiswa. Unit LPPM menyampaikan beberapa hal mengenai catatan umum dan hal-hal teknis terkait dengan hibah dan penelitian. Dalam catatannya, deadline penelitian berakhir pada Selasa, 31 Oktober 2023, kemudian deadline pengumpulan laporan hasil penelitian pada Kamis, 30 November 2023.

Adapun hasil yang didapat dari Hibah Penelitian tahun 2023 ini terbagi menjadi 6 kelompok. Dimana masing-masing kelompok tersebut terdiri dari penelitian yang dilakukan oleh 1 atau 2 orang Dosen kolaborasi dengan 1 sampai 2 Mahasiswa. Berikut 6 kelompok dengan masing-masing judul penelitian yang menerima hibah penelitian tahun 2023:

  1. Kelompok 1

“Peningkatan Digital Skill (Kecakapan Digital) Mahasiswa STARKI melalui Penggunaan Pre-Experiment One-Group Pretest-Posttest Design”

  • Kelompok 2

“Keterampilan Digital dan Pedagogis Dosen untuk Mengubah Lingkungan Belajar Vokasi”

  • Kelompok 3

Social Media as Showcases of Self; The Real Dramatism

  • Kelompok 4

“Pemilihan Media Sosial dalam Pemenuhan Informasi Memilih Perguruan Tinggi”

  • Kelompok 5

“Portraying Celebrity Worship Syndrome Among K-Pop Fans Through Social Media”

  • Kelompok 6

“Praktik Dark Pattern di Media Sosial; Studi Eksplorasi pada Pengguna Facebook dan Instagram”

Semoga dengan adanya kegiatan hibah penelitian ini, dapat dilakukan secara rutin setiap tahun agar mampu meningkatan semangat untuk para Dosen dan Mahasiswa untuk dapat menghasilkan karya ilmiah lainnya dan membawa nama baik STARKI ke khalayak luar, serta dikenal atas prestasi-prestasinya yang mampu membawa karya ilmiah STARKI ke tingkat internasional.