APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

International Conference

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

13 April 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Dosen harus secara berkala menimba ilmu, meng-upgrade pengetahuan diri sendiri untuk selalu tampil mengesankan di hadapan para mahasiswanya.

Salah satu dosen STARKI, Dr. Agustinus Rustanta baru saja pulang dari negeri gajah putih Thailand dalam rangka mempresentasikan hasil penelitiannya. Dosen memang harus rajin mengikuti event internasional untuk menimba ilmu dan memperkaya diri dengan pengalaman meneliti yang kemudian di sajikan di hadapan para peserta konverensi yang berasal dari berbagai negara. Sebagai dosen, peristiwa semacam ini penting dalam rangka memperluas cakrawala berpikir.

Event tersebut diselenggarakan pada tanggal 15 s.d 16 Maret 2023 di Bangkok, Thailand pada The 8th World Conference on Media and Mass Communication 2023, Bangkok Thailand. Konverensi internasional ini dihadiri oleh para delegasi dari 25 negara baik Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika. Mereka tidak semua berasal dari kalangan dosen atau akademisi. Ada pula yang brasal dari praktisi media dan professional. Mereka membawakan makalah masing-masing dari berbagai perspektif dan hal ini tentu sangat menarik dan penting bagi dosen untuk mengetahui bahwa di luar sana banyak hal belum kita ketahui dan pada event ini dapat berbagi dan ketemu langsung dengan orangnya. Jika ingin berdiskusi lebih jauh dapat langsung menemui orangnya secara langsung. Itulah gunanya jauh-jauh pergi ke Thailand.

Pada event ini panitia memberi waktu kepada seluruh peserta untuk membangun jejaring dan saling bertukar kartu nama dan nomor kontak sehingga mereka dapat saling terhubung dengan orang-orang yang memiliki keahlian sesuai bidang kita. Senang dan bangga rasanya dapat berdiri di depan para delegasi berbagai negara. Apapun hasil penelitian kita akan berdampak positif bagi para peserta. Salah satu dampaknya adalah kebaruan. Kita memperoleh hal-hal baru di bidang komunikasi. Selain ilmu sesuai bidang kita juga berkesempatan mengunjungi negara lain yang mungkin akan sulit jika berangkat sendiri dengan biaya sendiri. Dengan mengikuti perhelatan internasional seperti ini kampus pastinya akan memfasilitasi siapa saja yang berminat dan mempunyai keinginan untuk maju. Tentu, hal ini juga berguna bagi dosen untuk dengan bangga menceritakan kepada para mahasiswa akan prestasinya ke luar negeri dengan bekal hasil penelitian. Para mahasiswa pasti sangat bangga punya dosen yang terbuka, berpengalaman internasional, apalagi luar negeri. Dosen pasti akan jauh lebih percaya diri mengajar karena ia memiliki pengalaman berdiri dan berbicara di depan peserta yang berasal dari berbagai negara. Pokoknya membanggakan. Mari para dosen ikut aktif lah dalam kegiatan serupa sehingga kita makin percaya diri.