APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Kolaborasi Antara STARKI dan DAMOS

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

28 March 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

STARKI memberikan Pelatihan Kompetensi bagi siswa/i dari SMK Strada Daan Mogot, Tangerang. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk dari kerjasama yang sudah terjalin, dimana SMK Strada Daan Mogot, Tangerang menjadi salah satu Sekolah Binaan STARKI. Pelatihan Kompetensi ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada Selasa, 14 Maret 2023 s.d Kamis, 16 Maret 2023. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah selain untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan dari siswa/i SMK Strada Daan Mogot, juga untuk meningkatkan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh para Dosen STARKI. Materi yang diberikan untuk 24 siswa/i kelas XII jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) adalah Telephoning on how to make and cancel an appointmentNews Anchor, dan Digital Archive. Tentunya diharapkan para siswa/i SMK Strada Daan Mogot dapat memiliki kompetensi lebih dan siap untuk menghadapi persaingan di dunia kerja nanti.

Kegiatan Pelatihan Kompetensi ini terbagi menjadi 2 sesi, yaitu Selasa, 14 Maret 2023 s.d Rabu, 15 Maret 2023 pemberian materi dan latihan Telephoning dan News Anchor dari para Dosen STARKI dilakukan di SMK Strada Daan Mogot, Tangerang. Sedangkan di hari terakhir Kamis, 16 Maret 2023, siswa/i kelas XII jurusan OTKP diundang datang ke Kampus STARKI untuk menerima materi dan praktek langsung tentang Digital Archive, selain itu para siswa juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktek langsung untuk materi Telephoning dan News Anchor. Kampus STARKI dilengkapi dengan fasilitas laboratorium yang modern, sehingga para siswa SMK Strada Daan Mogot dapat menerapkan ilmu yang didapat dan mempraktekkannya secara langsung. Mahasiswa D3 Sekretari & S1 Ilmu Komunikasi STARKI juga terlibat dalam kegiatan Pelatihan Kompetensi ini. Selain interaksi yang terjalin dengan para Dosen, siswa/i juga didampingi oleh Mahasiswa STARKI yang dengan senang hati membantu para siswa jika ada kesulitan. Suasana pelatihan baik di Sekolah maupun Kampus juga menjadi terasa santai dan akrab. Sebagai bentuk pemberian pelayanan yang lebih kepada SMK Strada Daan Mogot, STARKI juga memberikan tambahan materi kepada siswa/i kelas X. Materi yang disampaikan yaitu tentang Pengembangan Diri. Materi ini dirasa baik untuk diberikan ke siswa/i Kelas X, dengan harapan supaya para siswa dapat menyadari pentingnya memahami potensi diri yang ada dan mengembangkannya ke arah yang baik.

Sebelum para siswa/i SMK Strada Daan Mogot, Tangerang mengikuti pelatihan kompetensi dihari terakhir, Kamis, 16 Maret 2023 di Kampus STARKI, terlebih dahulu mereka disuguhkan dengan acara pengenalan kampus sekaligus promosi mahasiswa baru tahun angkatan 2023/2024 oleh Tim Humas & Marketing STARKI. Acara yang dilaksanakan di Gedung Carlo, STARKI tersebut dibuka dengan sambutan dari Pimpinan STARKI dan Kepala SMK Strada Daan Mogot. Selain itu, juga ada penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu Modern Dance STARKI dan ditutup dengan pemaparan singkat yang diberikan tim Humas & Marketing tentang promosi dan pendaftaran di STARKI. Setelah mengikuti rangkaian acara di Gedung Carlo tersebut, para siswa langsung beralih untuk masuk ke dalam ruang kelas dan laboratorium yang telah disiapkan untuk mengikuti pelatihan kompetensi. Agenda di hari terakhir  ini adalah Pengenalan Database Dasar, Pengenalan Lab. Kesekretarisan (telephoning conference) dan Pengenalan Lab. Digital Filing.

Pelatihan Kompetensi sungguh membuahkan hasil yang baik. Hal ini terlihat dari hasil assessment siswa/i kelas XII SMK Strada Daan Mogot yang menunjukkan performa yang baik dari hasil pelatihan bersama para Dosen STARKI. Para Dosen juga menyampaikan kekaguman akan kemampuan berbahasa Inggris dan membawakan berita yang ditunjukkan oleh para siswa. Para siswa juga merasa senang mengikuti pelatihan dan mengungkapkan kepuasan mereka karena materi dibawakan oleh para Dosen STARKI yang kompeten di bidangnya. Selain itu, para siswa juga merasa puas dan senang karena dapat mempraktekkan secara langsung ilmu yang didapat di laboratorium yang ada di Kampus STARKI.