redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

KULIAH UMUM: EMOTIONAL INTELLIGENCE Kolaborasi STIKS Tarakanita (STARKI) Jakarta dengan Women’s Mentoring Foundation Brisbane Australia

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

17 May 2022

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Sebagai salah satu kampus perempuan ternama di Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STARKI) memiliki misi dalam pengembangan dan pemberdayaan kaum perempuan Indonesia. Misi ini diwujudkan dalam berbagai aktivitas dan program yang salah satunya adalah dengan kegiatan Kuliah Umum. Kegiatan ini selalu mengundang para praktisi dan ahli di bidangnya dan diadakan secara periodik pada setiap semester.

Kegiatan kuliah umum yang diadakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi STIKS Tarakanita (STARKI) kali ini menjadi sangat istimewa karena diadakan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional. Topik dalam kuliah umum ini mengambil judul tentang Emotional Intelligence. Topik ini menjadi sangat penting untuk dibahas karena sebagai perempuan, kemampuan mengelola emosi di dalam diri dan ke orang lain itu membutuhkan kemampuan yang harus diasah. Mental diri yang baik tentunya akan sangat mengembangkan diri individu dalam pergaulan dan hubungan pribadi dan hubungan kerja. Hal-hal inilah yang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa, tidak hanya dalam posisinya sebagai pembelajar namun juga calon seorang professional di bidangnya.

Diadakan pada Sabtu 12 Maret 2022, kuliah umum ini merupakan kegiatan kerja sama atau kolaborasi bersama dengan Women’s Mentoring Program, Brisbane Australia. Kuliah umum ini dihadiri oleh lebih dari 260 peserta yang meliputi segenap mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Sekretari serta para dosen dari STIKS Tarakanita, termasuk partisipan lain dari kampus-kampus di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Antusiasme untuk mengikuti kegiatan ini pun berasal dari para pelajar Sekolah Menengah Atas, serta para professional dari berbagai perusahaan. Yang lebih menarik lagi adalah bahwa kuliah umum ini diikuti oleh para peserta dari Brisbane, Nepal dan India.

Pembicara utama dan tunggal dalam kuliah umum ini adalah Pushpa Vaghela yang juga pendiri Leadership by Design. Pushpa adalah seorang ahli di bidang mentorship dan leadership. Ia telah menerima banyak penghargaan dan apresiasi dalam aktivitasnya membantu masyarakat di berbagai negara tentang kesehatan mental. Dalam kuliah umum ini, sebagai seorang mentor dan ahli, ia mengungkapkan pentingnya menyadari dan mengolah emosi diri dengan bijak, begitu pula dengan apa yang terjadi pada orang lain. Lebih lanjut lagi Pushpa menyampaikan bahwa kemampuan dalam pengolahan emotional intelligence yang baik merupakan faktor penentu yang sangat kuat dalam melihat kinerja karyawan. Antusiasme peserta kuliah umum ini sangat baik. Terdapat beberapa partisipan yang langsung bertanya ataupun melakukan diskusi mengenai materi ini. 

Kuliah umum yang berlangsung sekitar 2 jam melalui aplikasi Zoom Meeting ini didukung pula dengan keterlibatan alumni yakni Clarentia Wijnta yang bertindak sebagai moderator sekaligus penghubung antara STIKS Tarakanita dan Women’s Mentoring Foundation beserta pembicara utama.

-FA Wisnu Wirawan, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi STIKS Tarakanita-