APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Nafas Panjang Podcast Love Buzz

avatar penulis

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

30 May 2023

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Selasa, 23 Mei 2023 Program Studi S1 Ilmu Komunikasi STARKI bekerjasama dengan Kantor Berita Radio Prime mengadakan Kuliah Umum dalam bentuk Talkshow tentang Podcast dan Konsistensinya. Kuliah umum yang dihadiri oleh 84 peserta yang terdiri dari  Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Komunikasi angkatan 2019, 2020, 2021, 2022 beserta Dosen dan Karyawan ini diselenggarakan di Aula Kampus STARKI dan disiarkan secara langsung melalui YouTube STARKI dan Youtube KBR. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari acara Lustrum ke-XI STARKI (55 tahun).

Acara yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini dihadiri oleh 2 orang Narasumber yaitu Bapak Fransiskus Emilus D. Kadju, S.Fil., M.I.Kom., CPR. selaku Dosen Komunikasi STARKI dan Bapak Asrul Dwi selaku Produser Podcast Love Buzz KBR Prime. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Ibu Elsie Oktivera, S.S., M.Si. selaku Kepala Prodi S1 Ilmu Komunikasi STARKI dan Ibu Citra Dyah Prastuti selaku Pemimpin Redaksi KBR. Rangkaian acara pertama yaitu Kuliah Umum yang dibawakan oleh Bapak Emil yang memberikan materi tentang The New Media Wave The New Era Has Arrived. Materi yang disampaikan pada kuliah umum ini ini berisi tentang perkembangan teknologi industri di dunia mulai dari tahap 1.0 sampai 4.0, serta perkembangan dunia jurnalisasi hingga hadirnya podcast sebagai sosial media yang sedang banyak peminatnya. Setelah kuliah umum, rangkaian selanjutnya adalah penjelasan tentang Podcast Love Buzz KBR Prime yang disampaikan oleh Bapak Asrul selaku Produser dari podcast tersebut. Bapak Asrul menjelaskan bahwa Podcast Love Buzz merupakan podcast yang mengusung tema yang membicarakan tentang Hak Asasi Manusia (HAM) tetapi disampaikan dalam bentuk Bahasa cinta atau dibungkus dalam cerita-cerita cinta, sehingga podcast yang disampaikan ke masyarakat tidak terdengar terlalu “berat” atau membosankan. Selain penjelasan tentang Podcast Love Buzz itu sendiri, Bapak Asrul juga menyampaikan tentang hal-hal apa saja yang perlu dilakukan atau dipersiapkan jika ingin membuat podcast yang baik. Beliau juga menilai bahwa Podcast sangat mudah untuk dilakukan dimana saja.

Setelah penyampaian materi, acara selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara para peserta dengan narasusmber yang dipandu oleh moderator dan diakhiri dengan pemberian souvenir kepada kedua Narasumber. Melalui Kuliah Umum ini diharapkan para peserta khususnya Mahasiswa prodi S1 Ilmu Komunikasi STARKI dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapat melalui pembuatan podcast yang keren, inovatif dan kreatif di era yang serba digital ini.